DPC Peradi Kendal Komit segera bangun Posko Bantuan Hukum

Pelantikan pengurus DPC Peradi Kendal 2018-2023

0
539
DPC Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Kendal akan menjaga untuk tetap bersatu, apapun yang terjadi. Tekad ini disampaikan Ketua DPC Peradi Kendal, Subur Isnadi, SH. dalam sambutan di acara Pelantikan Pengurus DPC Peradi Kendal periode 2018-2023 di OR II Setda Kendal, Sabtu (17/11/2019).

“Kami akan membangun kebersamaan dan jangan sampai terjadi kubu-kubuan, karena Peradi mengutamakan profesional dan bermartabat,” ucapnya.
Subur mengatakan, meski dalam menjalankan tugasnya selalu menemukan permasalahan, karena memang tugasnya membantu mengatasi permasalahan hukum, maka tetap akan menjalani dengan semangat dan profesional. “Seperti lagunya Via Valent, “Yen ra kuat ya ditinggal ngopi”, jadi tetap semangat dan yang penting tidak ribut,” katanya.
Subur juga mengatakan, tugas utamanya adalah melayani masyarakat dari segi hukum dengan cara menegakkan hukum seadil-adilnya atau memberikan bantuan hukum kepada masyarakat. Oleh karena itu akan segera membentuk Posko Bantuan Humum. Dalam salah satu programnya yang akan segera disusun dalam rapat kerja nanti, akan memasukan program kerja sama dengan pemerintah maupun pihak lain.  “Seperti yang disampaikan Sekda Kendal Moh. Toha yang akan menjalin kerja sama terkait bantuan hukum yang dihadapi anggotanya yaitu pegawai negeri Pemkab Kendal,” ujarnya.
Pelantikan dilakukan DPN  Peradi Pusat yang diwakilkan oleh Wakil Ketua Umum DPN Peradi Pusat, Dr. H. Achiel Suyanto S. Ia mengatakan, bahwa Peradi merupakan satu-satunya lembaga advokat yang menaungi seluruh advokat di Indonesia. Salah satu tugasnya adalah mengadakan seleksi calon advokat. “Syarat untuk menjadi advokat adalah bergelar pendidikan tinggi hukum, telah mengikuti pendidikan khusus profesi advokat, sudah magang dua tahun, tidak berstatus pidana dengan ancaman lima tahun, dan  lulus ujian profesi advokat,”jelasnya.
Bupati Kendal, Mirna Annisa dalam sambutan tertulis yang disampaikan Sekda Kendal Moh Toha berharap, anggota Peradi harus bersungguh-sungguh menjalankan tugas sesuai fungsinya. Peradi juga mau melakukan evaluasi diri agar menghasilkan advokat yang bersih dan jujur.
“Peradi Kendal juga bisa melakukan kerjasama dengan semua pihak, di antaranya bisa kerjasama dengan Pemkab Kendal dan Korpri, karena banyak persoalan hukum, sehingga perlu adanya bantuan hukum secara penuh,” harapnya.