Peserta Tes Seleksi Calon Perangka Desa di Kabupaten Kendal tidak Dikenai Biaya Pendaftaran

Seleksi penerimaan calon perangkat desa di Kab Kendal

0
241

Bupati Kendal Mirna Annisa menegaskan, bahwa tidak ada biaya pendaftaran pada peserta seleksi calon perangkat desa di Kabupaten Kendal tahun 2018. Jika ada peserta yang diminta biaya pendaftaran berarti melanggar aturan dan akan dikenai sanksi. Hal ini agar benar-benar terpilih perangkat desa yang berkualitas dan profesional, sehingga bisa membangun desa dengan baik.

“Kami ingin yang terpilih adalah bibit-bibit yang baik dan profesional, sehingga mampu membawa membangun desa,” harapnya saat jumpa pers di OR Setda Kendal, Senin (19/11/2018)..
Bupati Mirna pun meminta kepada camat agar ikut mengawasi proses seleksi perangkat desa di wilayahnya, sehingga proses pemilihan benar-benar dilaksanakan sesuai aturan. “Jika mengetahui ada yang bermain uang agar dilaporkan untuk diambil tindakan,” katanya.
Pelaksanaan tes selekasi calon perangkat desa di Kabupaten Kendal yang akan dilakukan pada 22 November 2018 menggunakan sistem Computer Assested Test (CAT) yang hasil tesnya langsung diketahui setelah selesai melaksanakan tes. Hasil tes peserta pun bisa dilihat oleh masyarakat umum melalui layar monitor yang sudah disiapkan di luar ruangan.
Sekda Kendal Moh Toha mengatakan, seleksi calon perangkat desa serentak tahun 2018 dilaksanakan di 72 desa dari 16 kecamatan. Pelaksanaan tes bekerja sama dengan lembaga assesment yang dipilih oleh Tim Penyaringan dan Penjaringan Calon Perangkat Desa. Lembaga assesment yang terpilih yaitu STIE Semarang, LPMP Jawa Tengah dan LSP JPK Pratama Semarang. “Syarat pihak ketiga adalah lembaga yang sudah memiliki sertifikat dari Badan Nasional Serifikasi Profesi (BNSP),” katanya.
Untuk Lembaga Assesment STIE Semarang bekerja sama dengan 10 desa dari 2 kecamatan dengan jumlah peserta 282 orang, seleksi bertempat di Kampus STIE Semarang. LPMP Jawa Tengah bekerja sama dengan 41 desa dari 11 kecamatan, jumlah peserta 561 orang dan tes dilakukan di 10 SMA/SMK di Kabupaten Kendal. LSP JPK Pratama bekerja sama dengan 21 desa dari 4 kecamatan, jumlah peserta 468 orang dan tes dilaksanakan di SMP Negeri 1 Brangsong.