DPRD Kendal Cek Lokasi Tes Seleksi Penerimaan calon Perangkat Desa

Komisi A DPRD Kendal cek persiapan pelaksanaan tes seleksi calon perangkat desa

0
920

Jelang pelaksanaan tes seleksi penerimaan calon perangkat desa tahap II di Kabupaten Kendal yang akan dilaksanakan serentak pada Kamis (22/11/2018), DPRD Kendal melakukan cek persiapan di lokasi yang digunakan untuk tempat tes. Pelaksanaan tes dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) kali ini diselenggarakan oleh tiga lembaga assesor, yaitu STIE Semarang, LPMP Jawa Tengah dan LSP JPK Pratama Semarang.

STIE Semarang bekerja sama dengan 10 desa dari 2 kecamatan dengan jumlah peserta 282 orang seleksinya bertempat di Kampus STIE Semarang. LPMP Jawa Tengah bekerja sama dengan 41 desa dari 11 kecamatan dengan jumlah peserta 561 orang dan tes dilakukan di 10 SMA/SMK di Kabupaten Kendal. LSP JPK Pratama bekerja sama dengan 21 desa dari 4 kecamatan dengan  jumlah peserta 468 orang dimana tesnya dilaksanakan di SMP Negeri 1 Brangsong.

Kami harap seleksi perangakt desa berjalan dengan baik, lancar dan tidak ada kecurangan,” ujar Sekretaris Komisi A DPRD Kendal, Munawir saat cek lokasi di SMP Negeri 1 Brangsong, Rabu (21/11/2018).

Munawir mengatakan, terbukti ada kecurangan saat tes seleksi maka DPRD Kendal akan membentuk Panitia Khusus (Pansus) untuk membatalkan hasil seleksi. Dari tiga lembaga tersebut, LSP JPK Pratama yang paling dicurigai ada permainan dengan pihak tertentu. Untuk itu pihaknya menyampaikan kepada Camat selaku penanggung jawab wilayah agar memantau dengan baik. Demikian pula kepada pihak assesor agar melaksanakan sesuai aturan dan jangan sampai ada permainan, seperti memebocorkan soal maupun kunci jawaban. “Saya lihat ruangan dan peralatan sudah siap, tinggal memasang, namun masih perlu tambahan fasilitas kipas angin agar tidak panas,” pintanya.

Camat Brangsong, Ircham mengatakan, pihaknya tidak mengatahui kalau di Kecamatan Brangsong paling banyak dicurigai akan terjadi kecurangan. ”Kami sudah komitmen baik dari desa dan penyelenggara agar melaksanakan seleksi secara clear dan clean,” ujarnya.

Elman Fahmi dari LSP JPK Pratama mengatakan, pihaknya sudah melakukan seting tempat dan penataan lokasi dan uji coba server serta jaringan internet. Pihaknya sudah menyiapkan 102 unit laptop dan 10 persen cadangan, dua server dan genset. Selain itu juga memasang layar monitor untuk masyarakat agar bisa melihat langsung hasilnya. “Semuanya sudah disiapkan, termasuk pengecekan peralatan dan uji coba, semoga bisa berjalan lancar,” ujarnya.

Ada enam ruang di SMPN 01 Brangsong yang dipergunakan, terdiri dari 1 ruangan kesekretariatan, 4 ruangan ujian dan 1 ruangan praktek. Turut hadir dalam sidak Ketua Komisi A DPRD Kendal Solihin, Wakil Ketua DPRD Kendal Muhammad Makmun dan Mastur Samlawi. Dari SMP Negeri 1 Brangsong, selanjutnya melakukan pengecekan di Kampus STIE semarang dan beberapa SMA/SMK di Kendal.