KPU Kendal telah Terima Kotak dan Bilik Suara Pemilu Berbahan Kardus

KPU Kendal terima logistik pemilu

0
135

Kotak suara dan bilik suara untuk pemilu 2019 nanti, tidak seperti pada pemilu sebelumnya yang terbuat dari aluminium, namun berbahan dasar dari kardus. Ketua KPU Kabupaten Kendal Hevy Indah Oktaria menjelaskan, meski berbahan kardus, namun tahan dengan air. Agara keamanan lebih terjamin, KPU Kendal berinisiatif untuk memberi plastik agar memiliki ketahanan lebih.

“Kotaknya nanti sudah dirancang untuk tahan air, namun kami dari KPU Kendal mengambil inisatif untuk menambahkan plastik agar tahan dengan air” jelas Hevy Oktaria Indah.

Hevy mengatakan, kebutuhan logistik untuk bilik mencapai 13.780 dan kebutuhan kotak suara 17.445. Saat ini pihaknya sudah mendapat kiriman logistik berupa bilik dan kotak suara pada 21 November lalu. Jumlahnya untuk bilik suara sebanyak 17.445, sedangkan kotak suara baru diterima sebanyak 6.000.

“Pada tahapan ini untuk bilik  kita sudah terpenuhi, sedangkan untuk kekurangan kotak suara masih menunggu pengiriman logistik selanjutnya,” terang Ketua KPU Kendal.

Dalam segi keamanan, nantinya KPU kendal tidak akan menggunakan gembok melainkan Cable Ties yang dinilai lebih praktis dan menjamin tergolong aman. “Kotak dan bilik berbahan kardus ini masa penggunaannya hanya sekali pakai, sedangkan untuk kotak suara lama berbahan alumunium nantinya akan dilelang,” katanya.

Sementara itu Divisi Pengawasan, Humas dan Hubungan Antarlembaga pada Bawaslu Kendal, Wahidin said mengatakan, terkait dengan bilik dan kotak suara berbahan kardus adalah kewenangan KPU sebagai pihak pengadaan barang. Namun Bawaslu meminta kepada KPU agar pengawasannya lebih diperketat. “Yang penting KPU harus bisa menjamin kotak dan bilik dalam kondisi aman. Juga mendorong ada keterlibatan dari kepolisian supaya mengawal lebih ditingkatkan,” harapnya.