Bawasku Kendal Minta Masyarakat Ikut Awasi Pemilu

Rakor Sosialisasi Pengawasan dengan Stakeholder dan Masyarakat pada Pemilu 2019

0
89

Bawaslu Kendal berharap kepada masyarkat agar ikut aktif melakukan pengawasan pemilu. Pasalnya, anggota Bawaslu jumlahnya sangat sedikit, sedangkan yang harus dilakukan pengawasan sangat luas cakupannya. Hal ini disampaikan Koordinator Divisi Hukum Data dan Informasi Bawaslu Kendal, Arief Mustofifin saat Rakor Sosialisasi Pengawasan dengan Stakeholder dan Masyarakat pada Pemilu 2019 di Hotel Sae Inn Kamis (29/11/2018).

Arif mengatakan, bahwa Bawaslu tidak hanya mengawasi kegiatan di masyarakat, tapi mengawasi seluruh masyarakat. Oleh karena partisipasi masyarakat sangat diharapkan agar pelaksanaan pemilu berjalan dengan baik, jujur, adil, sehingga mengasilkan pemimpin yang baik dan berkualitas. “Masyarakat bisa memberikan laporan jika mengetahui ada tindak pelanggaran pemilu,” katanya.

Sementara itu Koordinator Divisi Hubungan Antarlembaga dan Humas Bawaslu Jateng, Rofiudin mengatakan, bahwa pemilu merupakan sesuatu yang serius, karena memilih pejabat yang akan menentukan nasib bangsa untuk lima tahun ke depan. Oleh karena itu diharapkan akan terpilih orang-orang yang amanah yang bisa membuat kebijakan yang berpihak kepada rakyat. “Yang terpilih nanti itu yang akan membuat kebijakan, sehingga harusnya orang-orang yang benar berkualitas,” ujarnya.

Rofiudin juga mengingatkan, bahwa pemilu berpotensi menimbulkan konflik dan ancaman yang membahayakan. Namun hal ini tidak akan terjadi jika pemilu berjalan sesuai aturan, jujur dan adil. “Pemilu itu merupakan perebutan kekuasaan, sehingga bisa menimbulkan konflik, jika tidak dilakukan dengan cara yang baik,” katanya.