PMI Kendal Gelar Simulasi Tanggap Darurat Bencana

0
81
PMI Kendal menggelar simulasi tanggap darurat bencana (TDB) bersama warga dan perangkat desa di Balai Desa Sumberejo Kaliwungu, Minggu (02/12/2018). Simulasi bencana ini merupakan rangkaian terakhir kegiatan Pelatihan Satgana PMI Kendal yang digelar selama seminggu sejak 25 November sampai 02 Desember 2018 yang diikuti relawan PMI Kab Kendal.

Ketua PMI Kendal, dr. Budi Mulyono mengatakan, pelatihan ini merupakan penyegaran bagi anggota Satgana yang kegiatannya dilakukan dalam dua tahap, yaitu tahap pertama dilakukan di Markas PMI Kendal dan tahap kedua yaitu pelatihan dan pembentukan Simulasi Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) dilakukan di Desa Sumberejo dan Nolokerto Kaliwungu.
“Kegiatan tahap pertama dengan materi tentang menajemen tanggap darurat, rencana operasional tanggap darurat dan perencanaan simulasi, sedangkan tahap kedua berupa simulasi yang dilakukan bersama dengan perangkat dan warga setempat,” jelasnya.
Dikatakan, kegiatan ini untuk melatih para relawan atau Tim Satgana dalam hal penanganan bencana. Demikian pula bagi perangkat dan warga agar mengetahui langkah-langkah yang harus dilakukan ketika terjadi bencana. “Tujuannya untuk mengurangi resiko jika terjadi bencana,” katanya.
Sementara itu menambahkan, pada Minggu (02/12/2018) juga dilakukan penandatanganan MoU kerjasama PMI Kabupaten Kendal dengan ORARI Lokal Kendal. “Kerjasama sebenarnya ini sudah berjalan, selain bersama-sama dalam penanganan bencana, juga dalam kegiatan yang diadakan PMI Kendal, seperti memberikan pelatihan,” ujarnya.
BAGIKAN