Jalan di Dukuh Sudimoro Desa Kertomulyo Putus kena Longsor

Jalan di Dukuh Sudimoro Desa Kertomulyo putus terkena longsor

0
87

Jalan di Dukuh Sudimoro Desa Kertomulyo Kecamatan Brangsong putus akibat terkikis arus Sungai Blorong. Terkikisnya jalan yang berada di sebelah sungai tersebut terjadi akibat hujan yang sering turun akhir-akhir ini. Untuk sementara, warga hanya bisa jalan kaki setelah dibuatkan jalan setapak yang kondisinya darurat.

Akibat terputusnya jalan tersebut, sekitar 20 kepala keluarga di RT 1 RW 4 yang berada di sebelah selatan jalan menjadi terganggu aktivitasnya, terutama yang hendak ke sekolah atau masjid yang berada di sebelah utara jalan. Jika menggunakan motor, maka warga harus memutar sekitar 1 kilometer melalui jalan yang berada di sebelah jalan tol.
“Warga jadi kesulitan, terutama anak-anak sekolah atau yang mau ke masjid tidak bisa menggunakan motor, tapi masih bisa jalan kaki, “kata Suroso, seorang warga RT 1.
Sementara itu Sekretaris Desa Kertomulyo, Sukodiyono mengatakan, sebenarnya kondisi longsor sudah cukup lama, namun tidak sampai memutus jalan. Bahkan saat ini sedang dilakukan pembuatan talud bronjong bantuan dari Provinsi Jateng. Kondisi jalan terputus total akibat guyuran hujan yang terjadi pada Sabtu (1/12/2018) lalu. “Sebenarnya kan sedang dibangun talud untuk mencegah longsor, namun belum selesai,” katanya.
Sekdes juga mengatakan, pihak desa sudah menyampaikan laporan kejadian tersebut kepada kecamatan, Dari BPBD Kendal juga sudah mengcek kondisi di lokasi. Selain itu, pihak desa juga sudah bertemu langsung dengan pemborong yang mengerjakan pembangunan talud. “Dari pihak pemborong sanggup melakukan perbaikan sementara yaitu dengan mengambilkan tanah di sungai dan penahan dari bambu,” katanya.