KPU Kendal Gelar Kursus Kepemiluan

KPU Kendal gelar Kursus Kepemiluan

0
85

Sebanyak 50 peserta dari kalangan masyarakat mengikuti Kursus Kepemiluan yang diadakan oleh KPU Kendal belum lama ini. Kegiatan yang dilakukan di Aula KPU Kendal diisi oleh narasumber dari KPU Kendal, yaitu Rokhimudin, anggota komisioner KPU Kabupaten Kendal Divisi Teknis dan Penyelenggaraan, Rinto Wardoyo anggota komisioner KPU Kabupaten Kendal Divisi Hukum dan Pengawasan, Nurul Akhirin anggota komisioner KPU Kabupaten Kendal Divisi Perencanaan, Data  dan Informasi, dan Catur Riris Yudi Pamungkas anggota komisioner KPU Kabupaten Kendal Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM.

Rokhimudin, mengatakan, dalam kursus kepemiluan ini peserta diberi materi tentang tahapan pemilu, lembaga penyelenggara pemilu di Indonesia, sejarah pemilu di Indonesia, dan penegakan hukum pemilu. Peserta juga mendapatkan tugas untuk mempresentasikan rencana program sosialisasi kepada kelompok perempuan, kelompok pemilih pemula, kelompok masyarakat marginal, kelompok masyarakat disabilitas dan pemilu anti hoax. Peserta yang rata-rata berusia 18 – 25 tahun  ini juga melakukan simulasi pemilu, dari tahapan kampanye calon legislatif hingga tahap pencoblosan.

“Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilihan umum tahun 2019. Harapannya, dengan adanya kursus ini, maka dapat menjawab pertanyaan yang ada di masyarakat terkait kegiatan apa yang dilakukan KPU sebelum pemilihan berlangsung,” ujarnya.

Kegiatan kursus kepemiluan ini merupakan program dari Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU  Kendal. Tampak antusiasme peserta dalam mengikuti kegiatan kursus kepemiluan yang dilaksanakan di setiap sesinya.  Yang menarik diakhir acara panitia membagikan 15 doorprize untuk peserta yang beruntung.