Selama Musim Hujan ini sudah Terjadi 3 Kejadian Tanah Longsor di Wilayah Kendal

Selama musim hujan sudah terjadi 3 tanah longsor di wilayah Kendal

0
330
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kendal Sigit Sulistyo mengimbau kepada masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana selama musim hujan saat ini. Menurut data dari BMKG Provinsi Jawa Tengah, musim hujan kali ini mulai awal November 2018 sampai 31 Maret 2018. “Selama musim hujan harus waspada terhadap bencana banjir maupun longsor dan puting beliung,” katanya Rabu (5/12/2018).

Sigit mengatakan, pada musim hujan kali ini sudah terjadi tiga kejadian tanah longsor, yaitu di Desa Kertomulyo Kecamatan Brangsong, Dusun Tambakroto Desa Tamanrejo Kecamatan Sukorejo dan di Dukuh Watupayung Desa Tlogopayung Kecamatan Plantungan. “Dari tiga kejadian itu tidak ada korban jiwa, namun beberapa rumah mengalami kerusakan” ujarnya.

Tanah longsor di Dusun Tambakroto Desa Tamanrejo Kecamatan Sukorejo terjadi pada Selasa 4 Desember 2018 sekitar pukul 12 siang dan 15 sore. Longsor berupa tebing di depan rumah Sofyan dengan tinggi kurang lebih 4 meter dan menimpa rumah Wardi. Tidak ada korban jiwa, namun kerugian dua rumah tersebut diperkirakan Rp 15 sampai 20 juta rupiah.

Kejadian tanah longsor juga terjadi di Dukuh Watupayung RT 1 RW 8 Desa Tlogopayung Kecamatan Plantungan pada Selasa 4 Desember sekitar pukul 15.30 sore. Kejadian tanah longsor yang mengakibatkan pagar rumah salah satu warga jebol juga menutup jalan. Kejadian terjadi disebabkan hujan yang sangat deras. Tidak ada korban dalam kejadian longsor ini.
Sebelumnya pada Sabtu 1 Desember terjadi tanah longsor yang mengakibatkan terputusnya jalan di Dukuh Sudimoro Desa Kertomulyo Kecamatan Brangsong.