Pengurus FORMI Kendal Akhirnya Resmi Dilantik

Pelantikan Pengurus FORMI Kendal 2018

0
77

Camat Kaliwungu Dwi Cahyono Suryo dilantik sebagai Ketua Federasi rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI). Pelantikan Pengurus FORMI dilakukan oleh Wakil Bupati Kendal Masrur Masykur saat di Pendopo Pemkab, Jumat (7/12). FORMI merupakan wadah olahraga yang kegiatannnya sudah sampai tingkat nasional.

Ketua Formi Kendal, Dwi Cahyono, mengatakan, FORMI ada di Kabupaten Kendal sudah sejak lama, namun karena surat keputusan, maka kegiatannya hanya bersifat sporadis walaupun telah banyak mengikuti kegiartan baik di tingkat provinsi maupun nasional. “Setelah kepengurusan FORMI  resmi dilantik dan diakui, sehingga kedepannya kegiatan akan lebih terorganisasi dan diakui dan terpenting diketahui masyarakat luas di Kabupaten Kendal,” katanya.

Diungkapkan Dwi Cahyono, semua olahraga yang tergabung dalam FORMI adalah mitra strategis dan mampu menggali kearifan lokal di Kabupaten Kendal. Yang termasuk dalam kategori olahraga rekreasi diantaranya gobak sodor, bakiak, kuda kepang dan layang-layang. “Ke depan, akan menyusun program yang bisa dimasukkan dalam lingkaran wisata. Terutama dipadukan dengan program 101 Desa Wisata yang telah dicanangkan Bupati,” katanya.

Sementara itu, Ketua FORMI Provinsi Jateng Rakun, mengharapkan peran serta FORMI Kendal yang sebenarnya sudah sering mengikuti event akan lebih berkembang pesat dan memberikan sumbangsih berarti bagi perkembangan olahraga FORMI di Jawa tengah. “Peluang Kendal menggelar expo olagraga rekreasi sangat luas. Kami tunggu peran sertanya yang lebih banyak,” katanya.

Sementara itu Wakil Bupati Kendal Masrur Masykur mengatakan, bahwa kesehatan adalah segalanya, oleh karenanya perlunya menanamkan budaya dan kegemaran berolahraga sejak usia dini. Kemudian juga perlu menyebarluaskan olahraga rekreasi masyarakat ke seluruh pelosok dan segenap lapisan masyarakat, serta meningkatkan derajat kesehatan dan produktivitas masyarakat. Termasuk juga untuk melestarikan dan mengembangkan olahraga masyarakat dan olahraga rekreasi yang bercirikan massal, tradisional dan khusus.

 “Ini jadi tugas pengurus Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) untuk bisa melakukannya,” katanya.

Masrur Masykur, berharap FORMI dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya generasi muda. Selain menjalankan peranan dan fungsinya sebagai organisasi mandiri, juga diharapkan dapat menyumbangkan kontribusinya dalam penyelenggaraan pembangunan daerah. Tak hanya itu, FORMI juga dapat diandalkan dapat memasyarakatkan olahraga  terutama olahraga tradisional yang selamaini belum banyak yang mengenalnya. “Maka kedepan FORMI harus mampu berprestasi di kancah nasional maupun internasional,” katanya.