Pemkab Kendal Dorong Produk Wirausaha Muda Kendal bisa Penuhi Otlet di Rest Area

0
770

Keberadaan rest area di jalan tol wilayah Kendal ternyata belum dimanfaatkan oleh pelaku usaha dari Kendal sendiri. Hal ini terlihat dari banyak produk yang memenuhi rest area, produk dari Kendal yang masuk hanya dua atau tiga produk.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kendal, Tavip Purnomo menyampaikan kepada peserta Sekolah Wirausaha Kendal di Tirtoarum Baru Kendal, Senin (24/12/2018), berharap produk Kendal bisa memenuhi rest area. Pasalnya, yang singgah di rest area itu dari berbagai daerah di Indonesia, sehingga produk yang dijual di rest area akan dikenal lebih luas. “Sayang sekali di rest area sangat sedikit produk dari Kendal, padahal bisa sebagai sarana promosi, sehingga produknya semakin berkembang,” katanya.

Olin Biojati dari KNPI Kendal Bidang Kewirausahaan mengatakan, sebenarnya banyak pelaku UMKM yang ingin produknya bisa masuk ke rest area, namun terkendala dengan persyaratan, di antaranya produk harus memiliki label Halal. Sementara itu para pelaku UMKM belum mengetahui prosedur untuk pendapatkan label Halal. “Kami sudah berkomunikasi dengan ketua PHRI Kendal, ternyata produk yang masuk rest area harus memiliki label Halal,” ujarnya.

Asisten Deputi Kewirausahaan Kemenpora RI, Imam Gunawan yang menjadi narasumber utama meminta agar kelompok wirausaha muda melalui KNPI harus menjalin kemunikasi dengan instansi terkait sebagai mitra yang akan mendampingi supaya usahanya bisa berkembang. Banyak hal informasi dari pemerintah daerah maupun pusat tentang pogram-program kepemudaan. “Banyak program di kemeneterian untuk pengembangan potensi pemuda, seperti pelatihan-pelatihan hingga bantuan  modal usaha,” ujarnya.

Ketua KNPI Kendal, Nanang Husni Faruk mengatakan, KNPI Kendal selain mengadakan pelatihan bagi pemuda, juga membantu memfasilitasi bagi pelaku wirausaha muda untuk mengembangkan usahanya. “KNPI memfasilitasi wirausaha muda terkait permodalan. Ada program bantuan modal untuk wirausaha muda dari kemenerian, silakan kalau ada yang berminat,” katanya.

BAGIKAN