PC Fatayat dan LDNU Kabupaten Kendal Gelar Pelatihan Jurnalistik dan Daiyah

PC Fatayat dan LDNU Kabupaten Kendal gelar pelatihan jurnalistik dan daiyah

0
787
Pimpinan Cabang (PC) Fatayat dan Pimpinan Cabang Lembaga Dakwah Nahdhatul Ulama (LDNU) Kabupaten Kendal bersinergi menggelar pelatihan jurnalistik dan daiyah (pendakwah) di MTs NU 07 Patebon pada Selasa (25/12/2018). Kegiatan ini masing-masing diikuti utusan PC Fatayat dan 20 utusan Pimpinan Anak Cabang (PAC) atau kecamatan se-Kabupaten Kendal.
Ketua PC Fatayat NU Kab Kendal, Siti Ni’mallatif, S.Pd. pada saat upacara pembukaan mengatakan, dengan pelatihan yang langsung praktek membuat berita ini diharapkan akan lahir jurnalis-jurnalis handal yang mampu menjadi kontributor website PCNU Kabupaten Kendal dengan membuat berita kegiatan di kecamatan masing-masing dan menyebarkannya di media sosial. “Sebenarnya sudah banyak pelatihan jurnalistik dilakukan, tapi belum ada tindak lanjutnya, namun kali ini karena langsung praktek, maka diharapkan bisa membuat berita, sehingga bisa menjadi kontributor di media PCNU Kab Kendal,” harapnya.
Ni’mallatif juga berharap agar kegiatan ini dapat menginspirasi badan otonom lain di lingkungan PCNU Kabupaten Kendal. Kepada para peserta pelatihan daiyah, Ni’mallatif mengharapkan bukan hanya mampu menjadi daiyah atau pendakwah kelas lokal tapi juga mampu berdakwah di tingkat nasional. “Dengan pelatihan daiyah ini diharapkan akan menjadi juru dakwah yang mumpuni,” ujarnya.
Materi pelatihan jurnalistik meliputi dasar-dasar jurnalistik media cetak, online, dan radio disampaikan oleh Mohamamad Fatkhurahman SH ME, Direktur Umum Radio Swara Kendal yang juga menjadi Divisi Jurnalistik LDNU Kabupaten Kendal. Materi lainnya media-media NU dan jurnalistik anti hoax yang disampaikan Khusnul Huda, wartawan salah satu media nasional.
Sedangkan materi pelatihan daiyah terdiri dari konsep dakwah rahmatan lil alamien disampaikan Dr Moh Muzakka M Hum, Ketua LDNU Kabupaten Kendal yang juga seorang dosen di salah satu perguruan tinggi negeri di Semarang. Materi lainnya teknik berdakwah di masyarakat dan media sosial disampaikan Shuniyya Ruhama Habiballah, tokoh Gusdurian nasional yang selain aktif berdakwah langsung kepada masyarakat juga aktif berdakwah melalui tulisan yang disebarluaskan d media sosial.