Komunitas Kendal Mengajar Buka Pendaftaran Relawan

Pendaftaran relawan untuk Kendal Mengajar 2019

0
1196
Komunitas Kendal Mengajar kembali membuka  relawan  yang memiliki komitmen untuk bergabung dengan Kendal Mengajar. Penerimaan relawan sudah dibuka sejak 14 Januari 2019 lalu dan pendaftaran terakhir sampai 26 Januari mendatang. Selanjutnya akan dilakukan seleksi melalui wawancara yang akan dilakukan pada 9 dan 10 Februari 2019.

Ketua panitia rekrutmen relawan Kendal Mengajar, Rizki Prahardini mengatakan, sampai saat ini sudah ada 79 pendaftar. Jumlah pendaftar tidak dibatasi, karena Kominitas Kendal Mengajar menerima anggota sebanyak-banyaknya. Syarat utama, minimal lulusan SMA atau sederajat dan memiliki komitmen menjadi relawan di Komunitas Kendal Mengajar minimal 6 bulan. “Untuk lebih jelasnya bisa melihat di akun instagram @kendalmengajar, karena pendaftarannya secara online yang bisa dilihat di instagram,” katanya, Rabu (23/1/2019).
Dikatakan, peserta yang diterima nanti akan ditugaskan di Pusat Kegiatan Kendal Mengajar yang berada di Kaliwungu, Rowosari, Patebon atau Boja. “Penugasannya nanti disesuaikan dengan tempat tinggal yang dekat dengan pusat kegiatan tersebut,” ujarnya.
Pengurus Kendal Mengajar, Farah mengatakan, saat ini Komunitas Kendal mengajar memiliki 150 anggota yang dengan sukarela membina anak-anak di pusat kegiatan Kendal Mengajar tiap hari Minggu mulai pukul 8 pagi sampai 12 siang. Kegiatannya selain memberikan bimbingan belajar kepada anak-anak kelas 1 sampai 6 SD, juga memberikan keterampilan dan permainan tradisional. “Di Kendal Mengajar ini modelnya belajar sambil bermain supaya anak-anak merasa senang dalam belajar,” katanya.
Farah menjelaskan, bahwa di Kendal Mengajar ada kelas efektif dan kelas riang. Kelas efektif itu memberikan bimbingan tentang pelajaran sekolah, sedangkan kelas riang itu seperti belajar melukis, membuat keterampilan, permainan tradisional dan sebagainya. “Biasanya selang-seling, misalnya Minggu ini kelas efektif, maka Minggu depannya kelas riang,” pungkasnya.