Mahasisa KKN UPGRIS di Desa Mororejo Kaliwungu Gelar Workshop dan Pentas Wayang Gaga

Mahasiswa KKN Upgris di Desa Mororejo workshop wayang gaga

0
1174

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) di Desa Mororejo Kec Kaliwungu mengadakan workshop dan pagelaran Wayang Gaga atau yang biasa disebut dengan Wayang Suket, Jumat (8/2/2019). Kegiatan ini menggandeng Komunitas Wayang Gaga dari Mijen, Semarang. Acara yang diadakan di aula Gedung PKK Desa Mororejo tepatnya di aula Gedung PKK dimulai pukul  14.00 dengan acara workshop pembuatan wayang gaga.

Pelatihan wayang gaga diikuti 70 anak Sekolah Dasar (SD) yang ada di Desa Mororejo, dimulai dari kelas 1-6. Setelah workshop selesai, dilanjutkan acara pagelaran Wayang Gaga mulai pukul 19.00. Pagelaran wayang ini juga mengikutksertakan anak-anak untuk berinteraksi langsung dengan dalang, sehingga semakin meriah. Cerita yang disajikan mengambil dari kehidupan sehari-hari. “Kegiatan ini bertema “Meningkatkan Budaya Jawa melalui Kesenian Wayang Gaga dalam Menghadapi Teknologi yang Pesat” bertujuan untuk mengalihkan anak-anak dari penggunaan layar ponsel dan mengenalkan budaya ke anak-anak,” kata ketua panitia Miftahul Arif.

Atas nama mahasiswa KKN, Arif mengucapkan terima kasih atas kerjasama dengan Komunitas wayang gaga sehingga anak-anak dapat meninggalkan layar ponsel minimal 5 menit untuk memperkenalkan permainan lewat wayang gaga. Adanya workshop dan pagelaran Wayang Gaga diharapkan dapat menguri-uri budaya. Selain itu, bisa membangkitkan kreativitas anak, yaitu pemanfaatan suket alang-alang yang biasanya hanya dimanfaatkan untuk makanan hewan dan ternyata dapat menjadi permainan yang sangat menyenangkan untuk anak-anak. “Mereka dapat mempunyai mainan tanpa mengeluarkan uang,” pungkasnya.