Sanggar Kejeling Lakukan Gerakan 2019 Generasi Peduli Sampah

Sanggar Kejeling melakukan Gerakan 2019 Generasi Peduli Sampah

0
99

Sanggar Kejeling melakukan Gerakan 2019 Generasi Peduli Sampah di Desa Sidomulyo Kec Cepiring. Gerakan ini sebagai aksi untuk menyadarkan masyarakat Desa Sidomulyo agar semakin sadar dan berpartisipasi aktif dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan dari sampah. Aksi Peduli Sampah pada, Rabu (13/2/2019) dilakukan dengan mengelilingi desa mengunakan alat transportasi motor bak terbuka roda tiga. Aksi diikuti oleh anggota sanggar kejeling yang sebagian besar adalah anak-anak dan sebagian remaja.

Promotor kegiatan, Ardian Risky Setyawan mengatakan, kegiatan ini dilakukan karena banyak masyarakat yang membuang sampah di sembarang tempat, padahal tempat tersebut sudah di beri papan peringatan larangan membuang sampah, tapi tidak diindahkan. Masyarakat sepertinya menganggap sebagai hal yang wajar dan biasa, bahkan seringkali dilakukan tanpa rasa malu dan bersalah.

“Gerakan 2019 Generasi Peduli sampah ini sengaja mengerahkan anak-anak merupakan bentuk kritikan terhadap orang dewasa yang tidak disiplin, sekaligus mengedukasi kepada anak-anak agar aktif menjaga lingkungan sekitar,” jelasnya.

Ulin Nuha, Penasihat Sanggar Kejeling mengatakan, kegiatan ini perlu didorong dan harus terus didukung. Pasalnya, menyelesaikan masalah tidak cuma mengkritik, tapi perlu berbuat sesuatu. Harapannya agar permasalahan sampah bisa diselesaikan dengan menumbuhkan kesadaran untuk menjaga lingkungan, salah satunya tidak membuang sampah sembarangan. “Ke depan agar ada bank sampah, sekaligus tempat pengolahan, sehingga bisa meminimalisir sampah dan masyarakat pun bisa mendapatkan penghasilan tambahan,” harapnya.