Sektor Pertanian jadi Andalan Kecamatan Ringinarum

Musrenbangcam Kec Ringinarum 2019

0
91

Sektor pertanian akan lebih dikuatkan pada program pembangunan di Kecamatan Ringinarum di tahun 2020. Hal ini untuk mendukung arah kebijakan Pemkab Kendal tahun 2020 dengan taqline Kendal Berdaya Saing.

Camat Ringinarum, Sobirin mengatakan, pertanian merupakan andalan wilayahnya yang mayoritas warganya sebagai petani. Selain itu, lahan pertanian di Ringinarum merupakan lahan subur yang cocok ditanami berbagai jenis tanaman, seperti padi, jagung, bawang merah dan berbagai jenis tanaman sayuran, bahkan jenis buah-buahan. “Di Ringinarum ini tanahnya subur, tanaman apa saja bisa tumbuh dan hasilnya bagus. Bawang merah juga bagus, bahkan semangka dan melon juga bagus,” katanya, saat Musrenbangcam Kec Ringinarum, Kamis (14/2/2019) di aula setempat.
Camat Sobirin mengatakan, selama ini hasil panen pertanian memiliki kualitas baik. Hanya saja, terkadang pada saat tertentu, harga panen menjadi turun hingga di bawah harga dasar, sehingga petani mengalami kerugian. Oleh karena itu yang akan diupayakan adalah agar petani mendapat perlindungan terhadap harga panen supaya tetap untung. “Perlu ada perlindungan terhadap petani, supaya tidak ada yang mempermainkan harga, misalnya pemerintah bisa membeli hasil panen, jika harga panen di bawah harga standar,” ujarnya.
Menurut Camat Sobirin, untuk mendukung sektor pertanian, maka infrastruktur, seperti jalan, jembatan, saluran irigasi dan gorong-gorong harus diperhatikan. Saat ini kondisi infrastruktur jalan masih banyak yang rusak. Namun di tahun 2019 ini ada 5 kegiatan perbaikan jalan di Kecamatan Ringinarum yang sudah dianggarkan dari APBD 2 tahun 2019. “Sisanya akan diupayakan agar bisa dilanjutkan pada tahun 2020 supaya semua jalan kondisinya baik,” katanya.
Dikatakan, peningkatan sumber daya manusia juga akan ditingkatkan, yaitu dengan mengadakan pelatihan keterampilan. Hal ini juga atas usulan dari beberapa desa yang menginginkan adanya pelatihan keterampilan. “Peningkatan SDM juga penting, yaitu dengan mengadakan pelatihan keterampilan,” katanya.
Terkait dengan pelatihan keterampilan, Kepala UPTD BLK Disnaker Kendal, Jati Pramono yang hadir di acara Musrenbang tersebut menyampaikan, bahwa BLK membuka berbagai pelatihan keterampilan, seperti menjahit, eletronik, tata rias rambut, servis mobil, servis sepeda motor, las, tukang kayu dan sebagainya. “Silakan saja, jika ada warga yang ingin kursus supaya disarankan untuk mendaftar di BLK yang ada de depan Rumah Makan Sari Rasa. Pelatihan dibuka terus sepanjang tahun, gratis, bahkan tiap hari dapat snek, makan siang dan uang transport,”  jelasnya.