Bupati Mirna Resmikan Pasar Sepuran di Desa Pagerdawung

Bupati Kendal Mirna Annisa meresmikian Pasar Sepuran di Desa Pagerdawung

0
601

Pembukaan Pasar Sepuran di Desa Pagerdawung Kecamatan Ringinarum pada Minggu (24/2/2019) pagi disambut meriah warga setempat. Sekitar seratus payung tenda kakilima yang berjajar di tepi jalan sekitar rel kereta api ramai dikunjungi warga. Produk atau dagangan yang dijual mulai dari macam-macam kuliner tradisional dan nasional, pakaian, kerajinan dan lainnya.

Pasar yang hanya buka tiap Minggu pagi secara resmi dibuka oleh Bupati Kendal Mirna Annisa sekaligus penyerahan Surat Keputusan (SK) berdirinya Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Pagerdawung.
Bupati Kendal Mirna Annisa mengapresiasi kreativitas warga dengan dibukanya Pasar Sepuran yang bisa menjadi pusat perekonomian baru di desa. “Bagus sekali, karena bisa menumbuhkan kegiatan perekonomian baru yang bisa, sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Harapannya akan semakin banyak kegiatan seperti ini di desa-desa lainnya,” harapnya.
Sementara itu Kepala Bidang Pariwisata pada Disporapar Kendal, Ratna Mustikawati mengatakan, Pokdarwis Desa Pagerdawung merupakan yang ke-38 yang resmi mendapatkan SK Bupati Kendal. Targetnya di tahun 2019 ini sudah terbentuk 101 Desa Wisata seperti yang dicanangkan oleh Bupati Kendal. “Desa-desa lainnya sedang proses atau merintis membentuk Pokdarwis,” katanya.
Kepala Desa Pagerdawung, Sunaryo menjelaskan, di sebut Pasar Sepuran karena lokasinya berada di dekat rel kereta api (sepur). Jumlah PKL yang khusus dari Desa Pagerdawung sebanyak 80 PKL, sedangkan PKL nya dari luar desa setempat. ” Ke depan akan dibuat yang lebih bagus lagi dengan menambah beberapa fasilitas supaya lebih menarik dan makin ramai dikunjungi,” ujarnya.