Pemkab Kendal segera Bangun Jembatan Gantung di Dukuh Cipluk yang Putus

Pemkab Kendal segera bangun jembatan Cipluk yang putus

0
520

Pemkab Kendal segera membangun jembatan di Dukuh Cipluk yang putus diterjang banjir beberapa hari lalu. Jembatan tersebut merupakan penghubung antar dua desa yang menjadi akses utama warga Cipluk Barat untuk menuju Gemuh.

Kepala Dinas PUPR Kendal, Sugiono mengatakan, Bupati Kendal Mirna Annisa menginstruksikan untuk segera membangun jembatan tersebut. Nantinya akan dibangun jembatan yang permanen dengan tiang baja. Pasalnya pembangunan jembatan gantung lebih rumit dan membutuhkan waktu yang lama. Sedangkan jembatan baja lebih pembangunannya lebih cepat dan bisa dilalui mobil berukuran kecil. Konstruksi bentangan jembatan akan lebih diperpanjang kurang lebih mencapai 60 meter dan lebar 2,5 meter. Tujuannya pondasi tidak berada di dinding sungai, sehingga terhindar dari aliran air.

“Setelah kami melakukan survei lokasi, ternyata lebih baik dibuatkan jembatan baja yang permanen,” katanya.

Sugiyono menjelaskan, bahwa anggaran pembuatan jembatan melalui dana tak terduga dari BPBD Kendal karena termasuk kejadian bencana alam. Pihak Dinas PUPR hanya membantu membuat perencanaan dan gambarnya. “Gambarnya sudah jadi dan rencana Senin besok akan dirapatkan bersama BPBD dan OPD terkait lainnya,” katanya.

Disisi lain Kepala BPBD Kendal, Wiwid Andaryono mengatakan, terkait dengan pembangunan jembatan Cipluk dan Sojomerto baru akan dirapatkan bersama OPD terkait dengan Sekda Kendal. “Kami sudah melakukan survei lokasi dan berkomunikasi dengan PUPR, tapi untuk keputusannya nanti setelah dirapatkan bersama OPD lain di ruang Sekda,” pungkasnya.