Tiap Desa di Kecamatan Gemuh sudah ada E-Warung

Sosialisasi BPNT di Kecamatan Gemuh

0
200
Sebanyak 3.476 warga miskin di Kecamatan Gemuh menerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) tahun 2019. Sedangkan di Kecamatan Ringinarum terdapat 2.955 warga miskin yang menerima BPNT. Tiap penerima BPNT akan mendapatkan bantuan senilai Rp 110 ribu per bulan yang langsung masuk ke rekening penerima. Bantuan tersebut hanya bisa ditukar dengan beras dan telur di e-warung.

Kasi Pemberdayaan Kecamatan Gemuh, Anton Munajat mengatakan, BPNT adalah pengganti program raskin (bersa miskin) yang mulai tahun 2018 tidak lagi menerima bantuan dalam bentuk beras, namun dalam bentuk saldo yang hanya bisa dibelanjakan beras dan telur di e-warung. “Saldo yang diterima tiap bulan harus habis dibelanjakan beras dan telur,” katanya saat Sosialisasi BPNT di Kantor Kecamatan Gemuh (13/3/2019).
Sosialisasi diikuti TKSK, pendamping PKH dan pemilik agen e warung. Di Kecamatan Gemuh ada 15 e-warung, sedangkan di Kecamatan Ringinarum terdapat 13 e-warung. “Biasanya tiap satu desa terdapat satu e-warung, namun di Kecamatan Gemuh, dari 14 desa hanya ada 15 e-warung, karena ada satu desa yang terdapat dua e-warung,” katanya.
Anton juga meminta agar pemilik e-warung bisa menambah barang dagangan, sehingga tidak hanya menyediakan beras dan telur. Selain itu bagi pemilik e-warung bisa melayani antar barang ke rumah penerima, sehingga terjalin tali silaturahmi.
“Pemilik e-warung harus membeli pelayanan yang baik,” ucapnya.