Pemkab Kendal telah Alokasikan Anggaran untuk Kesejahteraan RT

Sholat berjamaan bersama Bupati Kendal di Masjid Baitussalam Desa Sudipayung Ngampel

0
187
Pemkab Kendal telah mengalokasikan anggaran untuk kesejahteraan Ketua RT di Kab Kendal. Hal ini disampaikan Bupati Kendal Mirna Annisa saat dialog dengan warga usai acara Sholat Maghrib Berjamaah di Masjid Baitussalam Desa Sudipayung Kecamatan Ngampel Rabu (13/3/2019). Bupati Mirna menjelaskan, sejak tahun 2016, Pemkab Kendal telah mengalokasikan angaran untuk desa sebesar 10 persen dari APBD. Alokasi anggaran tersebut di antaranya untuk insentif atau kesejahteraan Ketua RT.
“Jika ada Ketua RT yang belum menerima insentif agar dikomunikasikan atau dimusyawarahkan dengan pihak desa,” ujarnya.
Pada kesempatan itu Bupati juga menyampaikan tentang kesejahteraan guru madrasah diniyah (madin) dan TPQ yang ditanyakan oleh seorang jamaah. Bupati mengatakan, bahwa di APBD 2019 sudah dialokasikan anggaran sebesar Rp 15 miliar untuk kesejahteraan guru madin yang sudah terdaftar di Kementerian Agama Kendal. Sesuai data dari Kementerian Agama Kendal ada sebanyak 1.800 guru madin yang sudah terdaftar. Oleh karena itu, jika ada guru madin yang belum terdaftar, maka untuk segera menyampaikan kepada Kemenag Kendal agar bisa didaftar. “Silakan mendaftar dulu di Kemenag Kendal, jika ada guru madin di desa ini yang belum mendapatkan insentif dari Pemkab Kendal,” pintanya.
Kegiatan Sholat Berjamaah bersama Bupati Kendal juga dihadiri Kapolres Kendal, Dandim 0715 Kendal dan para pejabat Pemkab Kendal. Pada kesempatan itu, Baznas Kendal menyerahkan bantuan untuk masjid Baitussalam Sudipayung sebesar Rp 5 juta, bantuan kursi roda untuk 2 warga dan bantuan tongkat bantu jalan atau kruk untuk 2 warga.

KH Mukhlis mengatakan, bahwa sholat berjamaah sangat istimewa, karena banyak hikmahnya. Hikmah shalat berjamaah di antaranya mempermudah rizki. Selain itu bisa mengurungkan niat orang yang akan berbuat jahat terhadap dirinya. “Semoga, dengan adanya kegiatan sholat berjamaah bersama Bupati Kendal ini, maka ke depan jamaah selalu penuh, seperti sekarang ini,” harapnya.
Sementara Kapolres Kendal AKBP Hamka Mappaita berpesan kepada jamaah untuk lebih aktif menjaga keamanan lingkungan. Selain itu agar menjaga tali silaturahmi dan menjaga rasa persaudaraan. Jamaah juga diminta untuk menyikapi adanya Pemilu dengan baik dan tidak tergiring terhadap hal-hal yang akan memutuskan tali silaturahmi. “Sikapi Pemilu dengan baik, jangan tergiring memutuskan tali silaturahmi. Yang penting berdoa siapa pun pemimpinnya nanti akan membawa Indonesia lebih baik lagi,” ucapnya.