Desa Kedunggading Kecamatan Ringinarum Masuk 3 Besar Desa Gotong-royong Tingkat Jateng

Desa Kedunggading Kec Ringinarum masuk 3 besar Desa Gotong-royong

0
276

Desa Kedunggading Kecamatan Ringinarum Kendal masuk tiga besar dalam Pelaksana Terbaik Gotong Royong Masyarakat tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2019. Tim Penilai dari Provinsi Jateng pada Rabu (20/3/2019) melakukan penilaian untuk menentukan desa terbaik dengan mendatangi lokasi desa.

Ketua Tim Penilai Nadi Santoso menjelaskan, sebelumnya terdapat 29 kabupaten yang mengajukan desa maupun kelurahan. Pada penilaian tahap awal, tim melakukan verifikasi administrasi dan yang berhak maju terdapat 5 perwakilan daerah untuk melakukan pemaparan di Provinsi. Hasil pemaparan dari 5 perwakilan itu terpilih 3 kabupaten yang lolos untuk dilakukan penilaian lebih lanjut, di antaranya Kabupaten Kendal, Kebumen dan Pati. “Dari tiga desa se Provinsi Jateng yang lolos ini dilakukan penilaian langsung ke lokasi untuk menetukan peserta terabaik,” jelasnya.

Dikatakan, penilaian meliputi  4 aspek, yaitu aspek ekonomi, lingkungan, kemasyarkatan, dan sosial budaya keagamaan. Tiap aspek akan dinilai secara rinci, sehingga akan terlihat secara keseluruhan, sehingga akan terlihat peserta yang terbaik. “Pemenang akan diunadng pada acara pencanangan Gotong Royong tingkat Jawa Tengah oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada tanggal 9 april 2019,” ujarnya.

Disisi lain Bupati Kendal Mirna Annisa mengharap, semangat gotong royong tidak hanya ditunjukan saat ada perlombaan namun terus melekat. Selain semangat gotong royong, juga yang telah berjalan baik adalah siskamling untuk menjaga keamanan desa.

Sementara Kades Kedunggading Budiyono mengaku, jika kegiatan gotong royong merupakan tindakan biasa atau budaya yang memang masih terus dijaga oleh warga desa Kedunggading. “Banyak kegiatan gotong-royong yang dilakukan di desa ini, di antaranya membersihkan irigasi, membantu memperbaiki rumah tidak layak huni, dan sebagainya,” katanya.