Kampanye Terbuka Pemilu 2019 akan Dimulai Tanggal 24 Maret 2019

KPU Kendal gelar Rakor Persiapan Kampanye Terbuka Pemilu 2019

0
265
Kampanye Rapat Umum atau kampanye terbuka Pemilu tahun 2019 akan dimulai tanggal 24 Maret sampai 13 April mendatang. Kampanye terbuka Calon Presiden dan Wakil Presiden dibarengkan dengan partai-partai pendukung. Hal itu disampaikan Ketua KPU Kendal Hevy Indah Oktarina saat Rapat Koordinasi Persiapan Kampanye Rapat Umum Peserta Pemilu Tahun 2019 yang digelar di Aula KPU Kendal Kamis (21/3/2019) di Aula KPU. Rakor ini bersama Kapolres Kendal dan peserta pemilu dan instansi terkait, Satpol PP, Disporapar, Diskominfo dan Dinas Lingkungan Hidup.

“Jadi, pada kampanye terbuka, parpol tidak mengadakan kampanye sendiri-sendiri, tapi bareng dengan kampanye pasangan calon capres cawapres,” jelasnya.
Hevy mengatakan, untuk jadwal kampanye diatur selang dua hari secara bergantian. Jadwal dan tempat kampanye pun sudah ditentukan oleh KPU. “Untuk jadwal, misalnya hari Minggu dan Senin untuk kampanye paslon nomor 2, kemudian untuk kampanye paslon nomor 1 hari Selasa dan Rabu, begitu seterusnya,” jelasnya.
Kapolres Kendal AKBP Hamka Mappaita berharap, kampanye bisa berjalan dengan baik dan kondusif. Oleh karena itu seluruh peserta kampanye harus berkomitmen untuk menjaga kepentingan umum. “Timses dan parpol juga harus memastikan kepada simpatisan agar memahami peraturan dan memastikan untuk melakukan pelanggaran kampanye,” ujarnya.
Kapolres juga mengaingatkan kepada simpatisan agar pada saat kampanye tidak euforia berlebihan. Peserta kampanye dan simpatisan tidak boleh melanggar peraturan lalu lintas, seperti berboncengan lebih dari dua orang, tidak boleh menggunakan mobil bak terbuka dan truk untuk mengangkut massa. “Bagi yang melanggar tetap akan ditindak,” ucapnya.