Musrenbang Kabupaten Kendal 2020 Fokus Bahas Program Pembangunan Kendal Berdaya Saing

Musrenbang Kabupaten Kendal 2020

0
338

Pemkab Kendal mengadakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Tahun 2020 yang digelar selama dua hari, Senin dan Selasa, 25-26 Maret 2019 di Pendopo Kabupaten. Pembukaan Musrenbang ini dibuka oleh Bupati Kendal Mirna Annisa dan dihadiri Ketua DPRD Kendal Prapto Utono, anggota Forkopimda serta pejabat Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan yang bertujuan untuk menyusun Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2020 diikuti peserta dari semua OPD, tokoh masyarakat, tokoh agama, ormas kepemudaan, ormas keagaamaan, Forum Anak, serta perwakilan dari kaum disabilitas.

Ketua DPRD Kendal Prapto Utono mengatakan, bahwa proram pembangunan tahun 2020 harus mengacu pada tagline Kendal Berdaya Saing, dengan tiga prirotas, yaitu investasi maju, tatakelola pemerintahan yang profesional dan situasi yang kondusif. Namun demikian tidak meninggalkan program-program lain, seperti pembangunan infrastruktur jalan/ rumah tidak layak huni, penuntasan jambanisasi dan lainnya. “Kendal Berdaya Saing ini juga harus melihat adanya persaingan global supaya Kendal tidak kalah saing, sehingga Kendal harus memiliki daya tarik,” katanya.
Ketua DPRD juga menyampaikan, bahwa Kabupaten Kendal sudah mengalami kemajuan, di antaranya kondisi infrastruktur jalan yang sebagian besar sudah baik. Dari 775 kilometer jalan kabupaten, tinggal 15 persen yang masih rusak yang di tahun 2020 agar bisa dituntaskan 100 persen. Selain itu, angka kemiskinan yang semakin menurun dari sekitar 12 persen pada tahun 2015, kini turun menjadi 8,9 persen. “Program lainnya tetap harus diperhatikan, seperti pendidikan, kesehatan dan lainnya,” ujarnya.
Bupati Kendal Mirna Annisa mengatakan, bahwa sesuai dengan tagline pembangunan tahun 2020 yaitu Kendal Berdaya Saing, maka penyusunan program pembangunan tahun 2020 tidak lepas dari berdaya saing. Yang terpenting adalah Program-program yang ada di OPD-OPD harus memberi efek positif yang bisa dirasakan oleh masyarakat. Bupati juga mengatakan, tetap akan menyelesaikan pembangunan infrastruktur jalan kabupaten yang tingga 15 persen, sehingga di tahun 2020 semua jalan di Kabupaten Kendal kondisinya baik. Selain itu juga akan menuntaskan program jambanisasi, meningkatkan fasilitas anak dan fasilitas bagi kaum disabilitas. “Agar programnya nanti bisa berjalan baik, maka semua OPD dan ASN harus memiliki target, demikian pula dukungan dan semangat seluruh masyarakat untuk bersama-sama membangun Kendal supaya lebih baik lagi,” katanya.