Sejumlah Surat Suara untuk DPRD Kendal Tertukar di TPS

Sejumlah surat suara tertukar di TPS

0
318
Sejumlah surat suara pada pemilu legislatif yang berlangsung Rabu 17 April 2019 ada yang tertukar. Surat suara yang tertukar yang ditemukan terjadi pada surat suara untuk DPRD Kabupaten Kendal. Seperti di TPS 1 Kelurahan Sijeruk, Kecamatan Kota Kendal yang masuk daerah pemilihan (dapil) satu yang meliputi Kecamatan Kendal, Patebon, Ngampel, dan Pegandon. Surat suara di TPS tersebut tertukar dengan dapil lima yakni untuk kecamatan Gemuh, Weleri, dan Ringinarum.

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 1 Sijeruk, Pamungkan, mengatakan, surat suara diketahui tertukar ketika warga yang mempunyai hak pilih memberikan pilihannya, namun, calon yang hendak dicoblos oleh warga tidak ada di surat suara tersebut. Warga lalu menyampaikan ke petugas KPPS dan setelah diteliti, ternyata surat suara itu bertuliskan dapil lima bukan dapil satu. “Kasus surat suara tertukar diketahui sekitar pukul 10.00,” katanya, Rabu (17/4/2019).
Dia menambahkan, belum mengetahui persis berapa jumlah surat suara yang tertukar tersebut. Petugas melakukan penelitian surat suara dan ditemukan dua surat suara untuk dapil lima. Surat suara tersebut lalu dipisahkan dengan yang lainnya. ‘’Kami belum tahu berapa jumlahnya. Namun untuk sementara ditemukan empat surat suara dari dapil lima. Kami sudah melaporkan temuan ini kepada Panitia Pemilihan Kecamatan dan KPU Kendal,’’ tuturnya.
Ketua KPU Kendal Hevy Indah Oktaria, mengatakan, pihaknya sudah menerima laporan soal adanya sejumlah kertas suara untuk DPRD Kendal yang tertukar. “Kami belum mengetahui persis jumlah surat suara yang tertukar tersebut,” katanya.