Pelaksanaan UNBK di Kendal, Koneksi Internet dengan Server Pusat sempat Ngadat

Pelaksanaan UNBK di Kendal, koneksi internet sempat ngadat

0
405
Pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) di Kabupaten Kendal hari kedua pada Selasa 23 April 2019 pada sesi pertama mundur sekitar 15 menit. Ujian yang seharusnya dimulai pukul 7.30, baru bisa dimulai pukul 7.45 WIB.

Menurut Suranto, guru SMP Negeri 2 Kendal, gangguan yang terjadi ketika melakukan koneksi dengan pusat, mengalami proses yang cukup lama. Namun gangguan ini tidak mempengaruhi para siswa, karena para siswa masih berada di luar ruang, menunggu koneksi dengan pusat tersambung lancar. “Koneksi ke server pusatnya itu lama, sekitar 15 menit. Kalau hari Senin kemarin sih lancar,” katanya.
Seorang peserta ujian, Anabela Panda mengatakan, jaringan komputer pada hari kedua tidak seperti hari pertama yang berjalan lancar. Pada hari kedua, ada beberapa soal yang munculnya agak lama, sekitar satu menit. Hal ini pun sempat membuat dirinya cemas. “Pas di tengah-tengah mengerjakan soal ada yang munculnya lama, sekitar satu menit,” katanya.
Di SMP Negeri 2 Kendal ada 184 peserta yang dibagi menjadi tiga sesi, yaitu sesi pertama mulai pukul 7.30 sampai 9.30, sesi kedua mulai pukul 10.30 sampai 12.30 dan sesi ketiga mulai pukul 14.00 sampai 16.00 WIB. SMP Negeri 2 Kendal merupakan salah satu sekokolah di Kab Kendal yang melaksanakan UNBK secara mandiri. Sebagian sekolah masih bekerja sama dengan sekolah lain, karena belum memiliki fasilitas komputer yang cukup.