Beberapa Petugas KPU dan Bawaslu di Kendal Jatuh Sakit Akibat Kelelahan

Petugas KPU dan Bawaslu di Kendal sakit akibat kelelahan

0
320
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kendal mencatat sekitar 23 petugas pemilu di Kabupaten Kendal yang jatuh sakit akibat kelelahan menjalankan tugasnya. Sebagian harus opname di rumah sakit dan satu orang meninggal dunia, yakni anggota Linmas yang menjaga TPS di Kecamatan Rowosari.
Ketua KPU Kendal Hevy Indah Oktaria mengatakan, untuk mencegah agar tidak terjadi lagi adanya petugas yang jatuh sakit, maka dalam menjalankan tugas akan dibatasi maksimal sebelum pukul 12 malam harus dihentikan untuk beristirahat. Seperti pada kegiatan rekapitulasi penghitungan surat suara tingkat kabupaten dibatasi maksimal sebelum pukul 12 malam, meskipun penghitungannya belum selesai. “Untuk mencegah agar tidak jatuh sakit akibat kelelahan, maka rekapitulasi ini maksimal sampai pukul 11 malam,” katanya.
Sementara itu Bawaslu Kendal mencatat sebanyak delapan petugas pengawas yang terkena musibah dalam bertugas. Enam di antaranya sakit karena kecapaian, sehingga harus dibawa ke rumah sakit dan petugas lainnya mengalami kecelakaan.
Ketua Bawaslu Kendal, Odilia Amy Wardayani mengatakan, untuk mencegah mengalami sakit, para petugas pengawas melakukan cek kesehatan di puskesmas. “Kemarin sebagian petugas pengawas sudah melakukan cek kesehatan di Puskesmas,” katanya.