Peternak Kelinci di Desa Pucangrejo Pegandon Pasok Kelinci ke luar Jawa

Potensi Desa Pucangrejo Pegandon Kendal

0
202
Peluang usaha ternak kelinci saat ini ternyata masih cukup besar. Pasalnya banyak permintaan kelinci dari luar Pulau Jawa yang belum bisa dipenuhi lantaran kurangnya stok kelinci yang ada.

Seperti disampaikan oleh Sekretaris Desa Pucangrejo Kecamatan Pegandon, Nur Aziz, bahwa di desanya ada sekitar lima peternak kelinci yang tiap bulannya rutin memasok kelinci ke luar Pulau  Jawa.  Dikatakan, untuk pemasaran lokal memang tidak begitu banyak/ namun untuk permintaan dari luar Jawa masih belum bisa memenuhi semua permintaan, karena stoknya terbatas.
“Di sini memang untuk kelinci itu peminatnya, tapi kalau permintaan dari luar Jawa malah belum bisa memenuhi target, karena cukup besar,” katanya.
Desa Pucangrejo Kecamatan Pegandon memiliki potensi alam yang cukup besar. Selain tanaman padi, juga berbagai tanaman palawija dan sayuran, seperti kacang panjang, jagung, timun, dan lainnya. “Di sini juga banyak pohon sukun dan tanaman singkong, yang dimanfaatkan untuk produk UMKM,” jelasnya.
Sekdes Azis mengatakan, untuk memajukan desa, pihaknya mengadakan berbagai pelatihan. Ada pelatihan membuat hantaran, membuat kue dan lainnya. Pelatihan tersebut sebagai bekal untuk bisa membuka wirausaha. “Pemberdayaan masyarakat dengan mengadakan pelatihan-pelatihan. Untuk desa juga sedang proses membentuk BUMDes,” ujarnya.