Desa Korowelang Kulon Ekspor Teri Nasi ke Jepang dan Taiwan

Potensi Desa Korowelang Kulon Cepiring

0
263
Ikan teri nasi menjadi komoditas andalan dari Desa Korowelang Kulon Kecamatan Cepiring. Hasil tangkapan para nelayan ini memiliki harga yang cukup tinggi karena diekspor ke Jepang dan Taiwan. Teri biasa juga permintaan, terutama dari Sumatera, seperti Jambi dan Lampung.

“Teri nasi harganya mencapai 150 ribu per kilogram, tapi kalau teri biasa harganya 30 ribu sampai 40 ribu per kilogram,” kata Kepala Desa Korowelang Kulon, Triyono.
Desa yang memiliki wilayah pantai dan banyak area tambak ini memang memiliki potensi bidang perikanan yang cukup tinggi. Keberadaan tempat pelelangan ikan (TPI) Tanggulmalang menjadi pusat penjualan ikan hasil tangkapan laut para nelayan setempat. Di sekitar TPI juga menjadi tempat produksi ikan asin.
Kades Triyono mengatakan, Desa Korowelang Kulon juga terkenal dengan produk terasi yang merupakan salah satu produk UMKM unggulan. Pemasarannya tidak hanya di wilayah Kendal, tapi banyak yang dikirim ke Temanggung dan Wonosobo. “Terasi di sini sudah cukup terkenal,” katanya.
Desa Korowelang Kulon juga memiliki potensi bidang pertanian yang cukup bagus. Selain padi, Desa Korowelang Kulon juga sebagai penghasil jagung dan cabe.