Desa Magersari Terus Kembangkan Potensi Bidang Perikanan

Potensi Desa Magersari patebon bidang perikanan

0
328

Sebagai desa yang mayoritas warganya bekerja sebagai nelayan,  Desa Magersari Kecamatan Patebon mengembangkan produk olahan ikan. Produk olahan ikan yang sudah cukup dikenal yaitu pengasapan ikan.

“Ke depan akan dikembangkan olahan ikan seperti sarden dan pindang,” kata Kades Magersari, Muhidin, Kamis (23/5/2019).
Masih berhubungan dengan nelayan, Desa Magersari juga mengembangkan kerajinan miniatur perahu yang terbuat dar limbah kayu. Selain itu ada kerajinan asesoris akuarium yang terbuat dari limbah plastik. Juga ada pengrajin caping nelayan yang terbuat dari bambu. “dari sampah plastik dibuat semacam pohon-pohonan untuk hiasan di dalam akuarium,” jelasnya.
Kades Muhidin mengatakan, masyarakat Desa Magersari cukup aktif dalam berbagai kegiatan, baik kegiatan olahraga, keagamaan, kegiatan sosial dan lainnya. “Kegiatan PKK ada posyandu anak dan posyandu lansia, Karang taruna ada kegiatan olahraga sepakbola, kesenian musik dan tari. Kegiatan keagamaan di fatayat dan Anshor juga banyak,” ujarnya.
Berkait keaktifan warga di berbagai kegiatan, maka tidak heran, jika Desa Magersari berhasil meraih berbagai prestasi. “Grun Rebana Assalaf pernah meraih juara pertama tingkat kabupaten dan klub sepakbola Kuda Laut juga cukup diperhitungkan di Kabupaten Kendal,” katanya.
Sementara itu untuk memajukan BUMDes yang baru saja terbentuk, maka pihak desa mengelola air lewat pansimas dan pengolahan sampah. Saat ini juga sedang mengembangkan wisata susur sungai dan wisata religi. “Tiap warga akan diberi tong sampah untuk mengumpulkan sampah yang bisa dijual yang hasilnya untuk biaya pengelolaan sampah, sehingga untuk pengeloaan sampah bisa gratis,” jelasnya.