Gaji ASN Pemkab Kendal akan Dipotong 2,5% untuk Zakat Profesi

Baznas Kendal Sosialisasi Mekanisme Pembayaran Zakat melalui Payroll System

0
212

Gaji pegawai negeri di Pemkab Kendal yang beragama Islam mulai Juli 2019 akan langsung dipotong sebesar 2,5% untuk membayar zakat profesi. Sosialisasi sudah dilakukan mulai Kamis 23 Mei 2019 di Pendopo Kabupaten Kendal tentang Sosialisasi Mekanisme Pembayaran Zakat melalui Payroll System yang diadakan oleh Baznas Kendal.

Ketua Baznas Kendal, H. Ubaidilah mengatakan, bahwa mekanisme pembayaran zakat melalui Payroll System ini bertujuan untuk memaksimalkan potensi zakat di kalangan pegawai negeri. Selain itu untuk memudahkan penarikan zakat, karena pegawai yang akan membayar zakat tidak perlu datang ke Baznas atau sebaliknya pihak Baznas mendatangi pegawai yang akan membayar zakat, karena secara otomatis sudah dipotong melalui bank tiap bulannya. “Bagi yang keberatan gajinya dipotong untuk zakat, dipersilahkan untuk datang langsung ke Kantor Baznas Kendal,” katanya.
Sementara itu Sekda Kendal, Moh Toha mengatakan, jumlah ASN di lingkungan Pemkab Kendal sekitar 8 ribu orang. Namun sampai saat ini baru sekitar 25 persen ASN yang sudah membayar zakat melalui Baznas Kendal. Dengan pembayaran zakat system Payroll ini, maka akan diketahui potensi zakat di Kab Kendal secara maksimal. “Dengan sistem Payroll ini, maka pengumpulan zakat mal  oleh Baznas otomatis meningkat,” ujarnya.