Desa Kaliayu Cepiring Kembangkan Berbagai Macam Produk UMKM

Potensi Desa Kaliayu Cepiring

0
322

Desa Kaliayu Kecamatan Cepiring, selain memiliki potensi bidang pertanian, namun banyak memiliki produk UMKM yang cukup diandalkan. Produk UMKM yang cukup dikenal di antaranya sukun goreng, intip goreng dan kembang goyang.

Sekretaris Desa Kaliayu, Dwi Ganjar mengatakan, keberadaan pasar desa yakni Pasar Trowong menjadi andalan untuk meningkatkan pendapatan desa, yakni dari retribusi pasar yang dikelola oleh BUMDes. Pasar Trowong juga menjadi salah satu tumpuan warga sebagai sumber penghasilan. “Keberadaan Pasar Trowong ini sangat membantu perekonomian warga,” katanya.

Masyarakat Desa Kaliayu juga tergolong aktif dalam berbagai kegiatan. Selain karang taruna, juga ada IPNU, IPPNU dan GP Anshor. Kegiatan di Desa Kaliayu ini semakin aktif dengan dibentuknya Kampung Keluarga Berencana. “Kegiatan Kampung KB tiap bulan ada pelatihan membuat baki lamaran, hantaran pengantin dan kursus tatarias pengantin dan lainnya,” ujarnya.

Untu mencegah anak-anak muda dari bahaya penyalahgunaan narkoba, pihak desa mengadakan sosialisasi tentang narkoba. Sosialisasi ini diikuti anak-anak muda.

BAGIKAN