Desa Sendangdawung Kecamatan Kangkung Kembangkan Pasar Kaget Tugu tani

Pasar Kaget Tugu Tani di Desa Senadngdawung Kangkung

0
119

Untuk menggerakkan perekonomian warga, Desa Sendangdawung Kecamatan Kangkung mendirikan Pasar Kaget Tugu Tani. Pasar yang digelar di sekitar Tugu Tani tiaphari Minggu mulai pukul 05.30 pagi dilaunching pada 6 Januari 2019. Pasar yang berada di tengah-tengah sawah itu menyediakan berbagai makanan tradisonal khas desa dan barang-barang lainnya.

“Ada juga makakan berat seperti soto ayam kampung dan nasi gudeg tugu tani. Jadi sambil jalan-jalan, warga bisa menikmati makanan. Alhamdulillah sudah enam bulan ini selalu ramai,” kata Kepala Desa Sendangdawung, Sulastro di ruang kerja, Senin (10/6/2019).
Kades Sulastro mengatakan, Pasar Kaget Tugu Tani ini didirikan untuk melatih warga berjualan. Pasalnya, masih banyak warga, terutama ibu-ibu yang tidak memiliki pekerjaan tetap. “Warga yang pernah mengikuti pelatihan keterampilan membuat berbagai macam makanan juga bisa memanfaatkan Pasar Kaget ini untuk menjual hasil praktek pelatihan membuat makanannya,” katanya.
Dikatakan, bahwa pihak desa bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja Kendal pernah mengadakan pelatihan keterampilan membuat makanan. Tiap peserta pelatihan juga mendapatkan bantuan peralatan agar digunakan untuk membuka usaha. “Di sini ada pelatihan keterampilan yang diikuti anggota PKK dan warga lainnya. Para peserta juga mendapat bantuan peralatan, sehingga peralatan itu bisa dimanfaatkan untuk membuka usaha,” jelasnya.
Warga desa Sendangdawung, khususnya perempuan kebanyakan bekerja di luar negeri, seperti Malaysia, Taiwan, Singapura dan Hongkong. Sedangkan yang laki-laki, selain sebagian besar bekerja sebagai petani. Tanaman unggulannya yaitu padi, tembakau, bawang merah dan jagung. “Ada juga laki-laki yang bekerja di luar negeri. Bagi warga eks luar negeri yang tidak lagi bekerja di luar negeri, maka bisa mengikuti pelatihan keterampilan sebagai bekal untuk membuka usaha,” katanya.
Desa Sendangdawung pernah meraih juara pertama lomba Tek-tek Siskamling Tanda Bebaya tingkat Kabupaten Kendal. Di desa ini banyak ditemui pos-pos ronda, sehingga kondisi desa selalu aman. “Tahun 2018 lalu meraih juara pertama lomba Tek-tek Siskamling yang diwakili para pemuda,” pungkasnya.