Takmir Masjid Agung Kendal Gelar Khaul Akbar Wali Joko

Khaul Wali Joko di Masjid Agung Kendal

0
124
Acara Syawalan di Masjid Agung Kendal yang digelar untuk memperingati Khaul Wali Joko pada Rabu 12 Juni 2019 dihadiri ribuan warga muslim Kabupaten Kendal. Khaul akbar untuk memperingati wafatnya Wali Joko tiap tanggal 9 Syawal sekaligus halal bi halal. Dihadiri Bupati Kendal Mirna Annisa dan Wakil Bupati Masrur Masykur beserta anggota Forkopimda dan pejabat Pemkab Kendal.

Bupati Kendal Mirna Annisa dalam sambutannya mengatakan, kondisi masyarakat Kendal yang agamis ini berkat perjuangan wali yang telah mengajarkan agama Islam. Dikatakan, bahwa Islam masuk Indonesia melalui perjuangan yang tidak gampang. Namun dengan dakwah yang dilakukan secara halus dan sopan, sehingga ajaran Islam mudah diterima oleh masyarakat.
“Khaul ini diadakan agar umat Islam selalu ingat akan perjuangan para wali yang telah menyebarkan agama Islam, sehingga masyarakat Kabupaten Kendal menjadi masyarakat yang agamis,” katanya.
Sementara itu Takmir Masjid Agung Kendal, K.H. Makmun Amin mengatakan, acara Syawalan sekaligus halal bi halal digelar untuk memperingati Khaul Wali Joko dan para wali lainnya yang telah berjasa menyebarkan agama islam di Kab Kendal. Khaul akbar juga digelar untuk doa bersama supaya masyarakat Kab Kendal selalu mendapat berkah dari Allah SWT, sehingga selalu diberi kesehatan, kemakmuran dan kesejahteraan. “Kondisi masyarakat Kendal selalu adem ayem ini karena meniru ajaran para wali yang selalu mengedepankan kedamaian,” ujarnya.
Kyai Makmun juga mengatakan, bahwa hubungan Masjid Agung dengan Pemkab Kendal terjalin dengan baik. Takmir masjid sering dilibatkan dan  ikut aktif dalam kegiatan berbagai kegiatan pemerintahan. “Jika dua komponen, yaitu alim ulama dan umaro terjalin baik, maka rakyat akan hidup sejahtera,” pungkasnya.