Sekolah yang Kekurangan Murid masih Tunggu hingga Masa Daftar Ulang Berakhir

Sekolah yang kekurangan murid masih menunggu hingga masa daftar ulang berakhir

0
307
Pendaftaran online Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP Negeri tahun 2019 di Kendal secara resmi telah ditutup sejak Sabtu 22 Juni 2019. Dari 50 SMP Negeri yang ada di Kabupaten Kendal ternyata masih ada 10 sekolah yang kuotanya belum terpenuhi. Sekolah tersebut akan mendapat limpahan dari sekolah terdekat yang pendaftarnya melebihi kuota.

Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kendal, Parno mengatakan, total daya tampung 50 SMP sebanyak 8.800 siswa. Sementara jumlah siswa yang sudah dinyatakan diterima sekitar 8.600 anak, sehingga masih ada seitar 200 anak yang akan dilimpahkan ke sekolah yang kuotanya belum terpenuhi.
“Untuk mengetahui jumlah total siswa yang terserap di SMP Negeri, masih menunggu setelah daftar ulang selesai, karena belum tentu semua anak mau bersekolah di sekolah limpahan tersebut,” jelasnya.
Sementara itu, Sekretaris Disdikbud Kendal Sutadi mengatakan, pihaknya tidak bisa memaksa masyarakat untuk bersekolah di negeri. Yang terpenting adalah semua lulusan SD bisa melanjutkan ke sekolah, baik negeri maupun swasta atau mengikuti Kejar Paket B. “Yang penting semua anak bisa melanjutkan sekolah,” ujarnya.
Sutadi meminta, bagi SMP Negeri yang masih kekurangan murid harus berbenah diri agar ke depan bisa menjadi sekolah favorit bagi masyarakat. Menurutnya, pihak sekolah harus mengikuti selera atau kebutuhan masyarakat.  “Sekolah harus bisa memberikan daya tarik agar para siswa lulusan SD mau bersekolah,” pungkasnya.