Desa Lebosari Kec. Kangkung akan Bangun Tempat Pengelolaan Sampah

Potensi Desa Lebosari Kec. Kangkung

0
317

Desa Lebosari Kecamatan Kangkung di tahun 2019 ini akan membangun tempat pengelolaan sampah. Tempat pengelolaan sampah itu dijadikan untuk memilah sampah basah dan sampah kering. Sampah-sampah basah akan dijadikan pupuk oeganik untuk tanaman.

Kepala Desa Lebosari, Nur Asiyah mengatakan, saat ini pihak desa sudah mengadakan pelatihan pengelolaan sampah, seperti membuat pupuk organik dan kerajinan dari barang bekas. Nantinya pupuk organik yang diproduksi akan dijual, sehingga bisa menambah pendapatan desa. “PKK Desa Lebosari ini menjadi duta binaan PKK Kecamatan Kangkung yang beberapa waktu lalu telah mengikuti pelatihan pengelolaan sampah,” katanya.
Mayoritas warga Desa Lebosari bekerja sebagai petani. Hasil tanaman unggulannya di antaranya padi, jagung, kedelai dan kacang hijau. Oleh karena itu sangat tepat jika tempat pengelolaan sampah yang akan dibangun akan pembuatan pupuk organik. “Rencananya di tahun 2019 ini akan membangun tempat pengelolaan sampah, menunggu Dana Desa turun,” ujarnya.
Kades Lebosari mengatakan, untuk meningkatkan kesejahteraan warga, pihaknya akan mengoptimalkan BUMDes. Salah satu programnya yaitu membuat pertokoan yang bisa disewakan kepada warga. “Toko-toko itu selain bisa menambah PAD, juga akan menggerakkan perekonomian desa,” pungkasnya.