Ribuan Pencari kerja Serbu Job Fair Kendal 2019

Job Fair Kab Kendal tahun 2019 di GOR Bahurekso Kendal

0
538

Hari pertama Job Fair Kendal ke-7 pada Rabu 17 Juli 2019 di GOR Bahurekso Kendal sudah dikunjungi ribuan pencari kerja. Sebelum acara dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Kendal masrur Masykur sekitar pukul 10 pagi, pencari kerja yang sudah mengambil nomor urut pendaftaran sudah mencapai seribu lebih. Job Fair dibuka selama dua hari, yakni Rabu dan Kamis tanggal 17 dan 18 Juli 2019.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kendal, Syukron Samsul Hadi mengatakan, Job Fair diikuti 50 perusahaan, baik perusahaan dari Kendal, Semarang maupun perusahaan luar Jawa Tengah. Sementara jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan sebanyak 500 orang. “Job Fair tahun 2018 lalu hanya diikuti 40 perusahaan dengan jumlah pengunjung sebanyak 2.200 orang, sedangkan jumlah penempatan kerja sebanyak 440 orang. Jadi, untuk tahun ini lebih banyak,” katanya.
Syukro mengatakan, bahwa Job Fair merupakan sarana untuk mempertemukan perusahaan sebagai penyedia lapangan kerja dengan para pencari kerja sebagai upaya untuk meningkatkan angka penempatan tenaga kerja di Kab kendal.  “Job Fair ini untuk mempermudah bagi pencari kerja, karena tidak harus datang ke kantor perusahaan, tapi cukup melalui Job Fair ini,” ujarnya.
Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasaan Kesempatan Kerja pada disnaker Kerja, Kisnandar mengatakan,  lowongan pekerjaan yang dibuka di antaranya garmen, perhotelan, kesehatan, manufaktur, retail, distributor, finance, transportasi, LPKS, provider, telekomunikasi dan jasa. “Nantinya, perusahaan yang ikut Job Fair ini akan dipantau, sehingga dapat diketahui jumlah calon pekerja yang diterima,” katanya.
Pelaksanaa kegiatan Job Fair berbasis IT dengan menggunakan sistem pendaftaran, pelaporan melalui wensite e-bursakerja.kemnaker.go.id. Dengan demikian akan diketahui jumlah total pendaftar saat itu juga.