DPD Permadani Kendal Gelar Lomba Pranatacara Pelajar SD se Kabupaten Kendal

DPD Permadani Kendal menggelar Lomba Pranatacara Pelajar SD se Kabupaten Kendal

0
414

DPD Permadani Kendal menggelar Lomba Pranatacara Pelajar SD se Kabupaten Kendal di Pendopo kabupaten, Kamis (18/7/2019). Lomba diikuti dua perwakilan satu putra dan satu putri dari masing-masing kecamatan.  Peserta juga  berpakaian adat jawa lengkap, yaitu busana kebaya bagi peserta putri dan busana beskap lengkap dengan blangkon bagi peserta putra.

Menurut Ketua Panitia Lomba Pranatacara Pelajar SD Kabupaten Kendal, Gembong Sapto Nugraho, S.Sn, secara umum sudah cukup membanggakan, walaupun harus menggunakan Bahasa jawa dengan tatanan yang cukup rumit, namun para peserta bisa menyampaikan dengan baik. Bahwa di era sekarang ini budaya lokal, seperti penggunaan Bahasa Jawa dalam pergaulan sehari-hari semakin ditinggalkan.  “Melalui lomba pranatacara berbahasa Jawa ini merupakan cara untuk melestarikan serta mengembangkan Bahasa Jawa di kalangan generasi muda agar tidak terpinggirkan seiiring berjalannya perkembangan jaman,” jelasnya.

Salah seorang peserta, Evi Rahmawati dari SD 1 Bulugede mengatakan, sedikti ada kesulitan, walaupun dalam kesehariannya dengan orang tua di rumah selalu menggunakan Bahasa Jawa. “Persiapan latihan sekitar tiga minggu,” katanya

Hasip penilaian dewan juri, untuk kategori putri, juara 1 utusan Kecamatan Plantungan, juara 2 Kecamatan Singorojo, juara 3 Kecamatan Patebon, sedangkan juara harapan 1 dari kecamatan Brangsong, juara harapan 2 Kecamatan Kendal dan juara harapan 3 Kecamatan Weleri. Untuk kategori putra, juara 1 dari SDN 2 Gemuh Blanten, juara 2 utusan dari SDN 2 Patukangan Kendal, juara 3 SDN 2 Kaligading Boja, sedangkan juara harapan 1 SDN 2 Rejosari Brangsong, juara harapan 2 SDN 3 Limbangan dan juara harapan 3 SDN Margomulyo Pegandon.

BalasBalas ke semuaTeruskan