Desa Sojomerto Kembangkan Tempat Wisata di Lapangan Tembak dan Gua Kukulan

Potensi Desa Sojomerto Kec Gemuh

0
742

Area lapangan tembak di Desa Sojomerto Kecamatan Gemuh akan dikembangkan menjadi tempat wisata. Lokasi lapangan tembak yang sering digunakan untuk latihan menembak oleh anggota TNI dan Polri itu berada di sekitar kawasan hutan dan bendungan air sungai yang menambah keindahan alam. Selain untuk latihan menembak, juga sering digunakan untuk kemah pelajar dan kalai hari Minggu atau libur banyak dikunjungi warga.

Kepala Desa Sojomerto, Ahmad Mawardi mengatakan, bahwa potensi alam lapangan tembak tersebut sangat cocok dikembangkan menjadi tempat wisata. Oleh karena itu akan dikembangkan dengan membuat taman dan menambah fasilitas, seperti gardu pandang. “Warga sekitar juga sangat mendukung dengan mempersilakan untuk kebutuhan air dan para pemuda juga membantu menjaga keamanan,” katanya.
Kades Mawardi mengatakan, potensi wisata lainnya yaitu Gua Kukulan yang berada di tengah kawasan hutan milik Perhutani. Gua tersebut dikenal sebagai tempat bertapa Sunan Abinawa, sehingga banyak dikunjungi para peziarah, terutama tiap Jumat. “Gua Kukulan juga bagus untuk wisata, namun kondisi jalan masuknya rusak. Dulu pernah dibangun oleh Perhutani, namun karena sudah lama, jadi kondisinya rusak,” ujarnya.
Potensi pertanian Desa Sojomerto sangat bagus, terutama tanaman jagung dan tembakau. Sedangkan untuk bidang UMKM masih dalam skala kecil yang hanya memenuhi permintaan secara lokal di desa. “Jagung di sini tiap kali panen bisa menghasilkan miliaran rupiah, karena lahannya cocok ditanami jagung. Namun di sini belum ada yang membuat produk makanan dari jagung, mungkin ke depan bisa dikembangkan,” katanya.
Sebagian besar infrastruktur di desa Sojomerto kondisinya sudah bagus. Fasilitas air bersih juga semakin meningkat, karena BUMDes telah memanfaatkan sumber air perbukitan yang dikelola untuk kebutuhan air warga. “Memang fokus dulu ke infrastruktur dulu, setelah itu ke pengembangan potensi lain, seperti perbaikan lapangan, pengembangan tempat wisata dan lainnya,” pungkasnya.