Desa Rowosari akan Bangun Banyak Pamsimas

Potensi Desa Rowosari Kec Rowosari

0
188

Lokasi Desa Rowosari Kecamatan Rowosari yang berada di wilayah pesisir berpengaruh terhadap kondisi air bersih. Sumur-sumur yang ada rasa airnya asin, karena dekat dengan laut. Oleh karena itu untuk memenuhi kebutuhan air minum, sebagian warga memanfaatkan air dari PDAM. Namun bagi warga yang kurang mampu, merasa berat untuk memasang PDAM, karena harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Kepala Desa Rowosari, Ahadun mengatakan, walaupun sudah ada PDAM, namun masih banyak warga yang belum berlangganan air bersih lewat PDAM, karena mahal. Untuk itulah pihak desa akan membuat pamsimas untuk memenuhi kebutuhan air bersih. “Nanti tiap dua dukuh akan dibuat satu pamsimas supaya warga bisa memenuhi kebutuhan air bersih,” katanya.
Walaupun berada di dekat wilayah pantai, namun masih banyak warganya yang bekerja sebagai petani. Bahkan Desa Rowosari termasuk penghasil padi yang diandalkan. “Sebagian bekerja sebagai nelayan, namun banyak juga yang bertani,” ujarnya.
Dikatakan, untuk meningkatkan pendapatan asli desa (PAD), BUMDes akan menambah unit usaha bary, yakni membangun gedung serbaguna yang bisa disewakan. Saat ini unit usaha yang cukup diandalkan adalah pendapatan dari retribusi pasar desa dan jasa parkir. “Gedung serbaguna yang sedang dibangun bisa dimanfaatkan untuk latihan futsal, pertemuan, pernikahan dan lainnya,” pungkasnya.