Ibu-ibu di Desa Pesawahan Pegandon banyak yang Tekuni Kerajinan Batik

Potensi Desa Pesawahan Pegandon

0
208

Ibu-ibu rumah tangga di Desa Pesawahan Kecamatan Pegandon mulai banyak yang membuat kerajinan kain batik. Kegiatan membatik ini dijadikan sebagai usaha sampingan untuk mengisi kesibukan sehari-hari.

Menurut Kepala Desa Pesawahan, Ahmad Wahyudi, membatik dengan peralatan yang sederhana tidak memerlukan biaya yang besar, sehingga mudah dijangkau. Untuk membantu pemasarannya, hasil kerajinan membatik para ibu rencananya akan ditampung memalui BUMDes. “Selain usaha pamsimas yang sudah jalan, ada rencana juga untuk menampung hasil kerajinan membatik para ibu,” katanya.
Desa Pesawahan termasuk desa yang tanahnya subur. Berbagai tanaman tumbuh dengan hasil panen yang bagus, seperti padi, jagung, tembakau, bawang merah dan berbagai palawija. “Desa Pesawahan ini tanahnya subur,” katanya.
Olahraga di Desa Pesawahan juga cukup maju, terutama olahraga sepakbola. Beberapa kali klub sepakbolanya meraih juara Divisi tingkat kabupaten. “Tahun 2016 dan 2017 berturut-turut menjadi juara, namun pada tahun 2018 gagal, dan untuk tahun 2019 ini semoga bisa merebut juara kembali,” ucapnya.