25 Peserta Sekolah Wirausaha Kendal dapat Sertifikat

Pemberian sertifikat kelulusan peserta Sekolah Wirausaha Kendal

0
248
Sebanyak 25 peserta Sekolah Wirausaha Kendal (SWK) angkatan pertama binaan KNPI Kendal berhasil mendapatkan sertifikat kelulusan. Penyerahan sertifikat dilakukan di Gedung Abdi Praja Pemkab Kendal pada Kamis 14 Agustus 2019. Mereka sebelumnya telah menjalani berbagai kegiatan dalam jangka waktu selama empat bulan, mulai November 2018 sampai April 2019. Kegiatannya meliputi materi wirausaha dan praktek lapangan.

Ketua KNPI Kendal, Nanang Husni Faruk mengatakan, program Sekolah Wirausaha adalah memberikan bimbingan dan materi kepada wirausaha muda supaya bisa menjadi wirausaha profesional dan handal. Syarat utama peserta yakni harus mempunyai usaha, baik berupa barang atau jasa. Pasalnya, tiap peserta, harus mempraktekkan materi yang diberikan terhadap usaha yang sedang dijalani. “Harapannya di akhir kegiatan bisa diketahui perkembangan usahanya, setelah menerapkan materi bisnis yang telah diberikan,” katanya.
Menurut Olin Biojati selaku pembimbing Sekolah Wirausaha mengatakan, semula jumlah peserta sebanyak 30 orang, namun dalam perjalanannya ada lima peserta yang mengundurkan diri dan tidak bisa mengikuti kegiatan yang telah terjadwal. Selain pertemuan rutin semingu sekali, juga ada kunjungan ke narasumber dan lokasi wirausaha. “Dalam SWK ini memang dibutuhkan komitmen dan keseriusan,” katanya.
Olin mengatakan, materi yang diberikan dimulai dari mainset berwirausaha, bisnis roadmap, manajemen keuangan, promosi dan pemasaran serta pengemasan produk. Selain itu juga ada kunjungan ke tempat wirausaha untuk melihat langsung kegiatan usaha. “Peserta juga diajak berkunjung ke lokasi wirausaha yang sudah maju sampai ke Semarang dan Magelang,” ujarnya.