Desa Tanjungmojo Kecamatan Kangkung sedang Berinovasi Wujudkan Tanjungmojo Bersinar

Potensi Desa Tanjungmojo Kec Kangkung

0
234

Desa Tanjungmojo Kecamatan Kangkung segera mewujudkan tagline Tanjungmojo Bersinar. Untuk mewujudkan program tersebut, pihak desa telah menginstruksikan agar di jalan-jalan di semua RT dipasang lampu-lampu penerang jalan.

Kepala Desa Tanjungmojo, Sugiyono mengatakan, lampu penerang jalan bukan hanya dipasang di perkampungan, namun di area persawahan juga akan dipasang lampu. Untuk lampu di sawah menggunakan tenaga surya, sehingga tidak lebih praktis dan tidak memerlukan jaringan listrik PLN. “Desa kami mendapat bantuan dari provinsi untuk lampu-lampu tenaga surya di sawah,” katanya.
Desa Tanjungmojo memiliki area sawah yang cukup luas, sekitar 300 hektar, yang terdiri dari 260 hektar sawah dan 40 hektar tegalan. Oleh karena itu sebagian besar warganya bekerja sebagai petani. Jenis tanaman cukup beragam, seperti padi, tembakau, jagung, bawang merah, cabe dan tanaman palawija. “Kalau untuk tambaknya luasnya sekitar 50 hektar yang terbagi menjadi 25 petak yang cukup potensial untuk budidaya ikan bandeng,” jelasnya.
Kades Sugiyono mengatakan, selain pertanian dan tambak, juga banyak usaha penggemukan sapi. Oleh karena itu BUMDes mulai mereancanakan membuka bidang usaha penggemukan sapi. “Kebetulan ada lahan yang cukup yang bisa digunakan untuk memelihara sapi. Nantinya biar warga yang memelihara di bawah binaan BUMDes yang akan dikelola oleh Karang Taruna,” ujarnya.
Kegiatan olahraga di Desa Tanjungmojo juga cukup aktif, terutama bulutangkis. Bahkan pihak desa sedang membuatkan lapangan bulutangkis. “Prestas olahraga bulutangkis untuk pelajar ini juara 2 tingkat eks Karesidenan Semarang,” pungkasnya.