Selama Bulan September 2019 Pemkab Kendal Hapus Denda Penunggak PBB Tahun 2014-2018

Pemkab Kendal bebaskan denda penunggak PBB khusus di bulan September 2019

0
96

Pemerintah Kabupaten Kendal melakukan penghapusan Denda Administrasi bagi warga yang menunggak pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB-P2) mulai tahun 2014 sampai 2018. Pembebasan denda administrasi hanya berlaku selama satu bulan, mulai tanggal 1 sampai 30 September 2019.

Kepala Bakeuda Kendal Agus Dwi Lestari menjelaskan, program penghapusan denda baru kali pertama dilakukan oleh Kabupaten Kendal sesuai dengan Peraturan Bupati.  Harapannya dengan adanya momen ini, dapat menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk segera membayar PBB karena sama sekali tidak dikenai biaya denda. “Penghapusan denda ini hanya di bulan September, maka harus dimanfaatkan kesempatan ini,” ujarnya.

Dikatakan, piutang warga Kendal yang belum membayar PBB tercatat pada Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Kendal untuk periode tahun 2014-2018 mencapai 20,3 Milyar dengan total dendan sebesar 9,7 milyar dari 480.985 SPPT yang belum terbayar. “Dengan adanya pembebasan denda  per tanggal 1 september sampai tanggal 9 ini untuk PBB masuk telah mencapai 35 %,” katanya.

Adapun untuk meningkatkan partisipasi warga Kendal, Bakeuda kini telah bekerja sama dengan pihak lain untuk mempermudah pembayaran yaitu dapat melakukan pelunasan di Kantor Pos dan Bank Mandiri secara langsung.

Target dari Bakeuda dengan program penghapusan denda PBB-P2 dapat segera dimanfaatkan oleh masyarakat, lantaran program hanya berlaku selama 1 bulan.