Tahun 2020 Desa Pojoksari Rowosari mulai Fokus untuk Program Pemberdayaan SDM

Potensi Desa Pojoksari Kec. Rowosari

0
101

Desa Pojoksari Kecamatan Rowosari di tahun 2020 sudah mulai fokus pada program pemberdayaan sumber daya manusia (SDM). Hal ini lantaran untuk program fisik, terutama infrastruktur jalan sudah hampir selesai.

Kepala Desa Pojoksari, AF Kurniawan mengatakan, untuk pemberdayaan SDM di antaranya dengan mengadakan pelatihan keterampilan melalui kegiatan di PKK, seperti membuat kue, kerajinan rajut dan kerajinan dari sampah plastik. Pelatihan membuat kerajinan dari sampah plastik ini sekaligus untuk mengatasi permasalahan sampah. “Untuk mengatasi sampah juga ada pembuatan kompos,” katanya.
Desa Pojoksari termasuk desa yang maju. Hal ini dilihat dari banyaknya penghargaan yang diraih, di antaranya meraih juara 1 lomba administrasi desa dan juara 3 lomba desa terbersih tingkat kecamatan. Desa Pojoksari juga menjadi desa Kampung KB pertama di Kecamatan Rowosari. “Untuk Karang Taruna juga pernah meraih juara futsal tingkat kabupaten,” ujarnya.
Mayoritas warga Desa Pojoksari berkerja sebagai petani dengan tanaman unggulan yaitu padi dan bawang merah. Ketersediaan pengairan yang cukup menjadikan hasil panen yang bagus. Organisasi kelompak tani juga bagus, sehingga bisa mengelola kebutuhan para petani dengan baik, seperti pemenuhan peralatan pertanian dan kebutuhan pengairan. “Kelompok tani di sini sudah memiliki alsintan dan pompa air,” pungkasnya.