Di Desa Karangmalang Wetan Kecamatan Kangkung sudah ada Bank Sampah

Potensi Desa Karangmalang Wetan Kec. Kangkung

0
124

Penanganan sampah di Desa Karangmalang Wetan Kecamatan Kangkung sudah dilakukan dengan baik. Dalam penaganan sampah ini melibatkan kelomok PKK, Puskesmas Kangkung dan pengepul sampah.

Sekretaris Desa Karangmalang Wetan, Aden mengatakan, dalam penanganan sampah untuk barang-barang bekas yang masih dijual, seperti botol plastik ditangani oleh kelompok PKK. Tiap-tiap kelompok PKK mengoordinir ibu-ibu rumah tangga untuk mengumpulkan sampah yang masih bisa dijual. Setelah terkumpul lalu dijual kepada pengepul. Sedangkan untuk sampah organik, pihak desa bekerja sama dengan Puskesmas Kangkung dalam pembuatan kompos untuk pupuk tanaman. “Di desa ini sudah ada kegiatan seperti bank sampah, walaupun belum dilakukan oleh seluruh warga,” katanya.
Mayoritas warga Desa Karangmalang bekerja sebagai petani dengan tanaman utama yaitu padi, jagung, tembakau dan palawija. Sebagian warga lainnya bekerja sebagai nelayan dan mengerjakan tambak ikan. “Wilayah kami memiliki pantai, sehingga sebagian ada yang bekerja sebagai nelayan,” ujarnya.
Sekdes Aden mengatakan, untuk inovasi desa, pihaknya sedang menyiapkan Sport Center yang dilengkapi berbagai fasilitas. “Nantinya Sport Center itu, selain untuk kegiatan olahraga, juga untuk kegiatan masyarakat.
Prestasi yang diraih Desa Karangmalang Wetan cukup banyak, di antaranya pernah meraih juara lomba Rebana tingkat kabupaten.