PMI Kendal Salurkan Bantuan Air Bersih ke Warga

PMI Kendal salurkan bantuan air bersih ke warga

0
138
Puluhan warga Kampung Kewayuan Desa Nolokerto Kecamatan Kaliwungu mendapatkan bantuan air bersih dari PMI Kendal pada Kamis 12 September 2019. Para warga membawa drigen dan ember untuk menampung air dari mobil tanki air dari PMI Kendal.

Menurut Rohmat, warga Kampung Kewayuan, sudah sekitar tiga bulan di musim kemarau kali ini, banyak sumur warga yang keluar sedikit air, sehingga tidak mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari. Untuk mencukupi kebutuhan air bersih, para mengambil air di pabrik PT Tensindo yang berada di kampung seberang jalan yang jaraknya sekitar setengah kilometer. “Biasanya mengambil air di pabrik PT Tensindo di depan sana, tidak bayar, tinggal ambil saja,” katanya.
Sementara itu Ketua Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) Kecamatan Kaliwungu, Muhammad Faizin mengatakan, untuk bisa mendapatkan bantuan air bersih dari PMI Kendal, warga melalui RT atau desa harus mengajukan surat permohonan kepada PMI Kendal. Dikatakan, di wilayah Kecamatan Kaliwungu, sementara ini ada dua desa yang sudah mendapatkan bantuan air bersih dari PMI Kendal, yaitu di Desa Sumberejo dan Nolokerto. “Di Kecamatan Kaliwungu baru ada dua desa yang meminta bantuan air bersih dari PMI,” ujarnya.
Dalam penyaluran air bersih ke warga, PMI Kendal telah berkoordinasi dengan BPBD Kendal supaya tidak tumpang tindih penyaluran air bersih dari BPBD Kendal. Menurut Haris dari PMI Kendal, penyaluran bantuan air bersih dari PMI Kendal sudah dilakukan selama satu bulan ini. Mobil tanki air untuk membawa air bersih merupakan pinjaman dari PMI Provinsi Jateng. “Sabtu mendatang sudah genap satu bulan, dan mobil dari PMI Jateng ini jatah pinjamnya hanya satu bulan, namun belum tahu apakah akan diperpanjang, karena mobil tankinya bisa juga dipinjamkan ke daerah lain secara bergilir,” jelasnya.