Kelurahan Langenharjo Kendal Launching Posyandu si Mantap

Kelurahan Langenharjo Kendal Launching Posyandu si Mantap

0
314
Kelurahan Langenharjo Kecamatan Kendal melaunching Posyandu si Mantap Main di Kantor Kelurahan, Kamis (19/9/2019). Posyandu si Mantap ini tidak hanya melayani ibu dan balita,  juga ditambah pelayanan warung, taman baca dan taman bermain. Pada tahap awal akan diberlakukan di 5 posyandu.


Kasi Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Langenharjo, Moh. Syarif Hidayatulloh, S.Pt. mengatakan, pengelolaan Posyandu si Mantap Main  ini merupakan implementasi dari tugas akhir Diklat Kepemimpinan Tingkat IV yang mengambil judul “Pengelolaan Posyandu dengan si Mantap Main menuju Ibu dan Balita Sehat dan Cerdas”. Dikatakan, makalah tugas akhir ini tidak hanya teori, tapi harus dipraktekkan. ” Untuk sementara akan dicoba di 5 posyandu dari 11 posyandu yang ada di kelurahan ini,” katanya.
Syarif mengatakan, tujuan Posyandu si Mantap ini untuk meningkatkan jumlah pengunjung posyandu. Pasalnya, dengan dibukanya warung di posyandu, maka pengunjung posyandu bisa sekalian berbelanja kebutuhan dapur. Selain itu pengunjung juga bisa membaca buku-buku bacaan yang disediakan di taman baca, sehingga bisa menambah pengetahuan dan wawasan. Anak-anak juga bisa menikmati permainan di taman bermain. “Di setiap pelayanan Posyandu akan dibuka warung oleh anggota PKK yang menjual sayur-sayuran, seperti tomat, kubis, lombok, bawang merah, bawang putih dan lain-lain supaya ibu-ibu yang datang ke posyandu bisa sekalian belanja. Soalnya kadang ibu-ibu enggan ke posyandu karena repot harus belanja ke pasar,” katanya.
Menurut Kader Posyandu Kecamatan Kendal, Astuti, pelayanan Posyandu si Mantap ini sangat baik dan memiliki nilai tambah bagi ibu-ibu dan anak-anak. Bagi ibu-ibu bisa menambah pengetahuan dan wawasan karena disediakan buku-buku bacaan yang bermanfaat. Sedangkan bagi anak-anak bisa bermain-main, sehingga menjadikan anak semakin sehat, karena melaksanakan aktivitas motorik dengan bermain. “Saya harap, ibu-ibu menjadi senang dan semangat untuk mendatangi posyandu,” ujarnya.
Lurah Langenharjo, Wahyudi mendukung kegiatan Posyandu si Mantap. Jika pada launching ini hanya di lima posyandu, maka ke depan bisa diterapkan di semua posyandu di Kelurahan Langenharjo. “Harapan kami, posyandu yang ada Kelurahan Langenharjo ini semakin maju, sehingga kesehatan ibu dan balita juga selalu sehat dan cerdas,” harapnya.