Kesbangpol Kendal Lakukan Pembinaan Ormas dan LSM

Kesbangpol Kendal giat Pembinaan Ormas dan LSM

0
192
Organisasi kemasyarakatan (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) diminta untuk tertib administrasi pendaftaran dan melaporkan keberadaannya kepada Pemerintah Kabupaten Kendal. Selain itu, jika sudah habis  masa berlaku Surat Keterangan Tedaftar (SKT) diminta untuk segera melakukan pendataan ulang.
Kepala Kesbangpol Kendal, Marwoto mengatakan, sesuai data, di Kendal ada 271 ormas, baik yang masih aktif SKTnya maupun sudah habis masa berlaku SKTnya.  Untuk itu pihaknya segera melakukan pendataan ulang, penertiban dan pengawasan dalam melakukan pendaftaran organisasi di masyarakat.

“Masih banyak Ormas dan LSM yang kurang tertib melaporkan keberadaannya, maka kami akan awasi pendaftaran dan pemberitahuan keberadaan dari Ormas itu. Hal itu menyangkut legalitas Ormas itu sendiri,” katanya dalam kegiatan Pembinaan Organisasi Masyarakat dengan tema Penguatan Kelembagaan Organisasi Kemasyarakatan dan LSM di Kabupaten Kendal, di Gedung Abdi Praja, Kamis (26/09/2019)
Marwoto juga berharap agar Ormas dan LSM memaksimalkan fungsinya dalam mendukung program Pemerintah Kabupaten Kendal untuk menuju pembangunan ke arah yang baik.”Ormas dan LSM diharapkan ikut serta dalam mememunculkan gagasan-gagasan baru dan inovatif untuk memperkuat sendi-sendi berbangsa, bernegara dan sektor  ekonomi, politik, pengentasan kemiskinan dan lainya,” terangnya

Sementara itu, Kasubbid Ketahanan Seni & Budaya, Agama & Kemasyarakatan, Prayitna Suyitma mengatakan, keberadaan ormas dan LSM diharapkan akan meningkatkan kualitas kehidupan berbangsa dan bernegara. Menurutnya Ormas dan LSM merupakan alat kontrol sosial untuk mewujudkan pemerintahan yang baik, memelihara ketentraman kerukunan dan ketertiban serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Ormas dan LSM ini perlu mendaftarkan dirinya kepada pemerintahan. Hal itu agar Ormas dan LSM dapat bermitra dengan pemerintah dan menerima dana hibah, dengan syarat harus berbadan hukum dan melengkapi administrasinya,” tandasnya