Kelompok PKK di Dusun Mangir Desa Nolokerto Kelola Bank Sampah

Potensi Desa Nolokerto Kaliwungu

0
144

Badan Udaha Milik Desa (BUMDes) di Desa Nolokerto Kecamatan Kaliwungu sedang merintis usaha pengelolaan sampah. Walaupun BUMDes-nya belum terbentuk, namun sudah merencanakan untuk mengelola sampah sebagai salah satu unit usahanya.

Sekretaris Desa Nolokerto, Nurul Hidayah mengatakan, pembangunan bank sampah menjadi priooritas utama untuk unit usaha yang akan ditangani, selain pengelolaan air bersih lewat pamsimas dan menyewakan alat-alat pertanian. “Saat ini belum mendirikan BUMDes, namun sudah mulai dibahas, mungkin tahun depan, tergantung anggaran yang tersedia,” ujarnya.
Sekdes Nurul mengatakan, dalam penanganan sampah, sudah ada kelompok PKK yang membuat bank sampah, yaitu kelompok PKK di Dusun Mangir. Kegiatan yang dilakukan, di antaranya membuat berbagai macam kerajinan dari barang-batang bekas, juga membeli sampah dari warga, seperti botol bekas, kardus dan sebagainya. “PKK di Dusun Mangir ini merupakan rintisan bank sampah di Desa Nolokerto, harapannya bisa diikuti dusun lainnya,” harapnya.
Walaupun Desa Nolokerto berada di wilayah perkotaan, namun memiliki wilayah persawahan yang banyak ditanami jenis tanaman palawija dan umbi-umbian, seperti singkong.
Desa Nolokerto juga memiliki banyak restasi, walaupun masih di tingkat kecamatan, di antaranya juara umum karnaval.