Desa Parakan Rowosari Unggulkan Potensi Pertanian

Potensi Desa Parakan Kec. Rowosari

0
857

Desa Parakan Kecamatan Rowosari terus memaksimalkan potensi pertanian. Selain lahan persawahan yang subur juga didukung dengan pengairan irigasi yang bagus. Tanaman unggulan, selain padi juga cocok untuk tanaman semangka dan melon.

Kepala Desa Parakan, Abdul Said mengatakan, untuk mendukung pertanian, maka Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang dikelola lebih fokus pada unit usaha pertanian, yakni penggilingan, menyediakan pupuk, obat-obatan pertanian dan alat-alat pertanian.
“BUMDes akan diresmikan pada 17 November mendatang sekalian dengan acara Selamatan Desa yang rencanya mwngundang Wakil Gubernur Taj Yasin untuk meresmikan BUMDes,” katanya.
Kades Abdul Said mengatakan, sementara ini produk UMKM yang bisa menjadi unggulan adalah kerupuk open. Untuk mengembangkan kerupuk open ini akan bekerja sama dengan pihak dari Kota Cirebon untuk pengadaan mesin open. “Kami akan bantu mengembangkan produksi kerupuk open ini,” ujarnya.
Infrastruktur jalan di Desa Parakan semuanya sudah dibeton. Oleh karena itu di tahun 2019 ini sedang menuntaskan pengadaan bong sampah untuk tiap-tiap rumah. “Tiap-tiap rumah akan diberi bong sampah yang sudah dianggarkan di tahun 2019 ini,” katanya.
Desa Parakan pernah meraih prestasi sebagai jaura 2 lomba gapura tingkat kabupaten. “Karena pembangunan fisik jalan semuanya sudah dibeton, maka program selanjutnya akan fokus pada pemberdayaan SDM dan pengembangan irigasi,” pungkasnya.